Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER SAINS] Catatan Tangkuban Parahu Meletus Tiba-tiba | Alasan Kita Emosi Lulusan UI Tolak Gaji 8 Juta

Masalah aktivitas warga di dekat pusat letusan Tangkuban Parahu telah menjadi perhatian ahli vulkanologi Surono sejak lama dan menjadi salah satu berita populer di Sains Kompas.com.

Selain itu, ada perspektif sejarah juga menyoroti persoalan Jefri Nichol yang ditangkap karena menyimpan ganja 6,01 gram.

Berita lain tentang lulusan UI tolak gaji 8 juta juga menjadi berita populer, utamanya dari pandangan psikolog.

Berikut 5 berita populer di Sains Kompas.com yang mungkin Anda lewatkan pekan ini.

Erupsi tadi sore itu seolah terjadi tiba-tiba sehingga mengagetkan masyarakat. Meski begitu ahli vulkanologi Surono mencatat sejumlah hal lain.

"Alam itu setiap akan ada kejadian, ada tanda-tandanya," ungkap Surono melalui sambungan telepon.

"Banyak hal tanda-tanda alam yang dapat diamati, termasuk juga kalau akan ada letusan gunung api. Masyarakat bilang hewan akan turun dari puncak, kan itu semua tanda-tanda," imbuhnya.

Baca selengkapnya: Tangkuban Parahu Meletus Tiba-Tiba, Ini Catatan dari Ahli

Penangkapan itu menjadi buah bibir. Publik berujar, kok bisa Jefri Nichol yang dikenal sebagai aktor yang baik, pernah membantu pemulung misalnya, menggunakan narkoba.

Meski demikian, dari perspektif sejarah, penangkapan idola remaja tersebut bukan soal ganjanya, tetapi lebih ke persoalan zaman.

Baca selengkapnya: Jefri Nichol Ditangkap Bukan Masalah Ganja, tapi Zamannya

Kicauan Lisa Marlina mengenai pulau dewata, Bali menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Perhatian tersebut tambah besar setelah desainer ternama asal Bali, Ni Luh Djelantik, berniat melaporkan Lisa Marlina ke polisi karena dianggap telah melecehkan masyarakat Bali.

Setelah mandapat banyak perhatian dari masyarakat, Lisa Marlina kemudian meminta maaf melalui akun Twitter-nya @Lisaboedi.

Dari kasus kicauan Lisa Marlina ini, setidaknya kita bisa belajar 3 hal dari kacamata psikologi. Kompas.com merangkum 3 hal yang bisa dipelajari dari kasus Lisa Marlina dan Ni Luh Djelantik, salah satunya empati.

Baca selengkapnya: Viral Twit Lisa Marlina dan 3 Pelajaran Psikologi yang Bisa Kita Ambil

Tanda pagar #gaji8juta dan #lulusanUI pun menjadi trending. Dari belasan ribu twit itu, banyak yang menyesalkan keluhan si penulis status. Bahkan, ada yang menanggapinya dengan emosional.

Mengapa kita semudah itu terbawa emosi terhadap sebuah informasi di media sosial? Padahal, kebenaran isinya juga belum bisa dipastikan.

Koordinator Jarigan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) Novi Kurnia mengatakan, secara umum masyarakat mudah tertarik terhadap informasi yang bersifat kontroversial.

Baca selengkapnya: Viral Fresh Graduate Tolak Gaji Rp 8 Juta, Kenapa Kita Bisa Ikut Terbawa Emosi?

Namun, dari sisi gizi keduanya berbeda. Hal ini dilihat dari kandungan protein, lemak, kalori, kolesterol, dan natrium.

Selain itu, bagaimana mengolah menjadi masakan juga memengaruhi sehat tidaknya ayam.

https://sains.kompas.com/read/2019/07/27/095145223/populer-sains-catatan-tangkuban-parahu-meletus-tiba-tiba-alasan-kita-emosi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke