Halo Prof! Bagaimana Cara agar GERD dan Penyakit Jantung Tidak Kambuh?

Kompas.com - 13/07/2019, 12:43 WIB
dr. Radhiyatam Mardhiyah, Sp. PD dan dr. Simon Salim, MARS, Sp. PD-KKVRS Pondok Indah – Bintaro Jaya dr. Radhiyatam Mardhiyah, Sp. PD dan dr. Simon Salim, MARS, Sp. PD-KKV

KOMPAS.com - Seorang pembaca Kompas.com, Daryanto Ij, mengeluhkan dua penyakit yang dideritanya, GERD dan jantung. Keluhan itu dia sampaikan ke subrubrik Halo Prof Kompas.com. Berikut keluhannya:

"Saya sering mengalami saat uluhati berasa penuh. Badan terasa lemas, mau pingsan dan susah napas.

Sebelumnya, sekitar sebulan kemarin pernah rawat inap lima hari di rumah sakit. Dari hasil pemeriksaan, dokter menginformasikan kalau ada masalah katup jantung. Akhirnya cek Echo, EKG, treadmill, dan pasang holter. Hasilnya rata-rata bagus kecuali dari holter, katanya ada gangguan irama jantung.

Kemudian, karena masih kambuh lagi saya periksa lagi dan info dokter, ada GERD juga fatty liver.

Sampai sekarang setelah sebulan minum obat nexium sebelum makan, saya masih sering mengalami ulu hati berasa penuh dan napas susah seperti mau pingsan. Duduk tidak bisa lama karena beberapa menit lambung berasa penuh, begah, dan mau pingsan. Kondisi seperti ini agak mereda setelah saya berbaring.

Baca juga: Halo Prof! Saya Ada Keluhan tentang Fobia Nasi

Kejadian ini sering berulang. Supaya tidak kambuh lagi, apa yang harus saya lakukan, Dok? Pola makan sudah diatur, hanya makan sayur dan tempe atau tahu yang direbus setiap hari. Terima kasih."

Keluhan tersebut ditanggapi oleh dua dokter dari Rumah Sakit Pondok Indah - Bintaro Jaya, yaitu dr. Radhiyatam Mardhiyah, Sp. PD selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan dr. Simon Salim, MARS, Sp. PD-KKV selaku Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah Konsultan Kardiologi Vaskular. Berikut paparan mereka:

Halo Bapak Daryanto!

Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bapak.

Keluhan ulu hati terasa penuh hingga sulit bernafas dapat merupakan salah satu gejala penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Penyakit GERD yang Bapak alami merupakan penyakit yang timbul akibat adanya aliran balik (refluks) dari isi lambung ke kerongkongan (esofagus).

Hal ini dapat mengakibatkan keluhan tenggorokan terasa panas hingga dada terasa seperti terbakar, dan mengganggu kualitas hidup Bapak.

Baca juga: Halo Prof! Bagaimana Cara Sembuhkan GERD yang Bikin Cemas dan Begah?

GERD dapat dicetuskan oleh obesitas, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, minuman berkarbonat, cokelat, keju, makanan tinggi lemak, makanan asam dan makanan pedas.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X