5 Fakta Penampakan Saturnus Malam Ini, dari Kecerlangan hingga Waktu Pengamatannya

Kompas.com - 10/07/2019, 08:40 WIB
Ilustrasi pemandangan langit malam pada Rabu (10/7/2019). Saturnus akan tampak di timur saat senja dengan magnitudo 0,05.Stellarium Ilustrasi pemandangan langit malam pada Rabu (10/7/2019). Saturnus akan tampak di timur saat senja dengan magnitudo 0,05.

KOMPAS.com - Rabu (10/7/2019) malam, Saturnus akan mencapai jarak terdekat dengan Bumi. Planet dengan diameter 116.460 kilometer itu akan tampak lebih terang dari biasanya.

Sejumlah sumber menyebut, planet bercincin itu akan tampak dengan mata telanjang. Benarkah demikian? Berikut fakta-faktanya:

1. Betul, akan tampak dengan mata telanjang

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, mengatakan bahwa tul, Saturnus akan tampak dengan mata telanjang.

Saturnus akan tampak sejak Rabu sore setelah matahari terbenam di arah timur hingga Kamis (11/7/2019) dini hari sebelum fajar.

Baca juga: Saturnus Mendekati Bumi, Warga Indonesia Bisa Lihat dengan Mata Telanjang Malam Ini

Walaupun ini barui viral sekarang, bukan berarti fenomena yang terjadi karena oposisi (saat dua benda langit mencapai jarak terdekat satu sama lain) ini baru.

Oposisi Saturnus ini terjadi dengan periode keberulangan rata-rata setahun, terakhir terjadi pada 27 Juni 2018.

2. Akan Terlihat seperti Bintang

Dengan mata telanjang, kata Thomas, planet yang mengalami hujan berlian itu akan tampak seperti bintang kecil saja.

Ini berarti, bagi orang awam, akan cukup sulit membedakannya dengan bintang biasa. Mungkin hanya cahayanya yang tak berkedip yang membantu membedakan.

Baca juga: Misi Dragonfly NASA akan Cari Tahu Kehidupan di Bulan Saturnus, Titan

Penampakan Saturnus hanya seperti bintang karena jaraknya yang jauh. Walaupun dikatakan mencapai jarak terdekat, jarak Bumi-Saturnus saat opisisi nanti adalah 1,351 miliar kilometer alias 10 kali jarak Bumi - Matahari.

Saturnya akan tampak dengan magnitudo 0,05. Magnitudo menyatakan kecerlangan benda langit, Makin kecil angkanya, makin terang.

3. Memakai Teleskop, Cincinnya Terlihat

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X