Niat Cari Batu Mulia, Penambang Malah Temukan Monster Laut Purba

Kompas.com - 07/07/2019, 17:05 WIB
ilustrasi mosasaurus Royal Tyrrell Museum of Palaeontologyilustrasi mosasaurus

KOMPAS.com - Para penambang yang sedang melakukan penggalian mencari batu permata mendadak terkejut. Alih-alih mendapatkan batu mengkilap warna warni yang dikenal sebagai ammolit, mereka justru menemukan sisa-sisa fosil monster laut purba.

Fosil monster laut purba itu nyaris sempurna, berupa kerangka utuh dari reptil laut mosasaurus yang hidup di zaman dinosaurus sekitar 70 juta tahun yang lalu.

Baca juga: Inilah Dinosaurus Kedua dari Australia, Masih Terbungkus Batu Opal

"Kami memiliki semuanya, mulai dari kepala sampai ujung ekor," kata Donald Henderson, kurator dinosaurus di Royal Tyrrell Museum of Palaeontology di Drumheller, Alberta.

Penambang dari Enchanted Designs Limited tidak menyangka jika mereka akan menemukan fosil tersebut. Penambang saat itu menggali di Formasi Bearpaw di Montana untuk mencari potongan ammolit berwarna pelangi yang dapat digunakan sebagai perhiasan.

Namun, penambang justru mendapati fosil yang tertanam dalam batuan lunak. Secara keseluruhan, spesies tersebut memiliki panjang antara 6-7 meter.

Baca juga: Mirip Bayi Manusia, Dinosaurus Juga Merangkak Dulu Sebelum Bisa Jalan

Mosasaurus adalah predator puncak pada masanya. ia memakan kura-kura, ikan, dan bahkan mosasaurus lainnya. Salah satu senjata mereka adalah gigi tajam yang melengkung ke belakang untuk menangkap dan mengoyak mangsanya.

"Begitu mereka mencengkeram dengan gigi utamanya, mangsa tak akan pernah bisa lepas lagi," tambah Handerson.

Belum jelas kapan temuan ini akan dipamerkan. Namun, masyarakat dapat melihat spesimen mosasaurus lainnya di Dinosaur Hall Museum Royal Tyrrell.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X