Niat Cari Batu Mulia, Penambang Malah Temukan Monster Laut Purba

Kompas.com - 07/07/2019, 17:05 WIB
ilustrasi mosasaurus Royal Tyrrell Museum of Palaeontologyilustrasi mosasaurus

KOMPAS.com - Para penambang yang sedang melakukan penggalian mencari batu permata mendadak terkejut. Alih-alih mendapatkan batu mengkilap warna warni yang dikenal sebagai ammolit, mereka justru menemukan sisa-sisa fosil monster laut purba.

Fosil monster laut purba itu nyaris sempurna, berupa kerangka utuh dari reptil laut mosasaurus yang hidup di zaman dinosaurus sekitar 70 juta tahun yang lalu.

Baca juga: Inilah Dinosaurus Kedua dari Australia, Masih Terbungkus Batu Opal

"Kami memiliki semuanya, mulai dari kepala sampai ujung ekor," kata Donald Henderson, kurator dinosaurus di Royal Tyrrell Museum of Palaeontology di Drumheller, Alberta.

Penambang dari Enchanted Designs Limited tidak menyangka jika mereka akan menemukan fosil tersebut. Penambang saat itu menggali di Formasi Bearpaw di Montana untuk mencari potongan ammolit berwarna pelangi yang dapat digunakan sebagai perhiasan.

Namun, penambang justru mendapati fosil yang tertanam dalam batuan lunak. Secara keseluruhan, spesies tersebut memiliki panjang antara 6-7 meter.