Studi Buktikan, Konsistensi Waktu adalah Kunci Keberhasilan Olahraga

Kompas.com - 07/07/2019, 12:07 WIB
Ilustrasi olahraga bersama DragonImagesIlustrasi olahraga bersama

KOMPAS.com – Kapan Anda sebaiknya berolahraga, pagi atau malam, telah lama menjadi perdebatan. Namun kapanpun Anda memilih untuk berolahraga, konsistensi merupakan kunci yang menentukan keberhasilan Anda dalam berolahraga.

Sebuah studi dalam jurnal Obesity yang dipimpin oleh profesor psikiatri dan perilaku manusia Dale Bond, PhD dari Brown Alpert Medical School menemukan kaitan kuat antara waktu olahraga seseorang dan kemampuannya untuk mengikuti rutinitas olahraga yang konsisten.

Bond dan timnya mensurvei 375 orang dewasa yang telah berhasil mempertahankan penurunan berat badan setidaknya 13 kilogram selama setahun. 68 persen ditemukan berolahraga secara rutin (setidaknya dua kali seminggu) pada waktu yang sama. Lalu hampir separuh partisipan (47,8 persen) ditemukan berolahraga secara rutin pada pagi hari.

Dalam laporan sebelumnya yang dipublikasikan berdasarkan hasil survei yang sama, para peneliti menulis bahwa berolahraga pada pagi hari mungkin lebih mudah untuk dipertahankan daripada waktu lainnya.

Baca juga: Masih Muda dan Rajin Olahraga, Kok Bisa Kena Serangan Jantung?

Namun, lebih dari sekadar pemilihan waktu, para peneliti kali ini ingin menekankan pentingnya “otomatisitas” dalam membentuk kebiasaan olahraga yang dapat dipertahankan.

Para peneliti mendefinisikan otomatisitas sebagai performa yang dilakukan dengan kesadaran disengaja atau kemauan yang lebih rendah. Ini seperti sesuatu yang selalu Anda lakukan ketika bangun tidur, meskipun belum sadar betul.

Nah, rutinitas berolahraga rupanya bisa dibentuk dengan membuat sinyal-sinyal khusus yang memicu otomatisitas.

“Sebagai contoh, dengan terus-terusan berolahraga setelah pulang kerja, pulang kerja mungkin akan jadi berpasangan dengan pergi ke gym,” tulis para peneliti.

Baca juga: Bagaimana Cara Jalan Kaki untuk Turunkan Berat Badan?

Seiring berjalannya waktu, Anda akan bisa mulai berolahraga dengan lebih sedikit perhatian, upaya dan motivasi.

Menurut survei para peneliti, dari segala jenis sinyal, termasuk lokasi atau aktivitas yang dilakukan ketika berolahraga, sinyal waktu adalah yang paling penting dalam membentuk rutinitas.

Berolahraga pada waktu yang sama atau titik yang sama dalam rutinitas sehari-hari, seperti berolahraga sehabis kerja, memiliki kaitan positif dengan kemungkinan seseorang untuk memiliki rutinitas olahraga dan durasi olahraga yang lebih panjang.

“Jika diambil secara keseluruhan, temuan kami menunjukkan bahwa berolahraga di saat yang sama setiap hari, tanpa peduli apakah itu pagi, siang atau sore, bisa membantu mencapai tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi,” tulis para peneliti.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Inverse
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X