Kompas.com - 02/07/2019, 19:17 WIB

KOMPAS.com – Fenomena alam berupa gerhana matahari total akan terjadi di kawasan Pasifik, namun tidak dapat disaksikan secara langsung di semua daratan bumi.

Beberapa wilayah yang dapat dijadikan spot untuk menikmati fenomena gerhana matahari total adalah di daratan Chile dan Argentina, Amerika Selatan.

Akibat peristiwa ini, bumi menjadi gelap gulita selama beberapa waktu hingga bayangan bulan bergeser dan tidak lagi  menutupi cahaya matahari.

Menurut situs timeanddate.com, puncak gerhana bulan total akan terjadi pada Rabu (3/7/2019) dini hari pukul 02.22 WIB.

Baca juga: INFOGRAFIK: Gerhana Matahari Total di Kawasan Pasifik

Meskipun gerhana tersebut tidak bisa disaksikan secara langsung dari Indonesia, masyarakat dapat menikmati fenomena alam tersebut melalui siaran langsung oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA).

NASA bekerja sama dengan Exploratorium di San Fransisco akan menyiarkan secara langsung gerhana matahari total yang diperkirakan akan terjadi pada Selasa (2/7/2019) pukul 15.00 EST atau Rabu (3/7/2019) dini hari pukul 02.00 WIB.

Siaran langsung dari teleskop yang dipasang di Vicubna Chile akan disiarkan tanpa dukungan suara atau audio, sejak  2 Juli 2019 pukul 15.00-18.00 EST atau 3 Juli 2019 pukul 02.00-05.00 WIB.

Baca juga: Gerhana Matahari Total di Pasifik, berkat Internet Orang Indonesia Bisa Melihatnya

Sementara, video yang disertai dengan penjelasan komentator akan disiarkan selama satu jam pada 2 Juli 2019 pukul 16.00-17.00 EST atau 3 Juli 2019 pukul 03.00-04.00 WIB.

Penjelasan itu akan disampaikan dalam dua bahasa yang dapat dipilih oleh pengakses, yakni Inggris dan Spanyol.

Untuk menyaksikan siaran langsung tersebut pada dini hari nanti, Anda bisa menuju ke link ini: NASA Live.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Gerhana Matahari Total di Kawasan Pasifik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.