Rahasia Alam Semesta: Meski Banyak Bintang, Kenapa Angkasa Luar Gelap?

Kompas.com - 29/05/2019, 21:05 WIB
Foto earthrises yang mengingatkan pada hasil jepretan astronot William Sanders pada 1968 silam Peta PixelFoto earthrises yang mengingatkan pada hasil jepretan astronot William Sanders pada 1968 silam

KOMPAS.com - Antariksa adalah tempat di mana banyak bintang berada. Meski punya banyak bintang, kita sering melihat di berbagai foto para astronot bahwa wilayah luar angkasa sangat gelap dan berwarna hitam.

Padahal, seperti yang kita ketahui, warna hitam biasanya menandakan tidak adanya cahaya. Sedangkan bintang adalah benda yang memproduksi cahaya.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah, mengapa bisa demikian?

Meski tampak sederhana, tapi pertanyaan ini telah direnungkan oleh banyak ilmuwan selama berabad-abad. Tak terkecuali Johannes Kepler hingga Edmond Halley yang sudah memiliki banyak sumbangan bagi ilmu antariksa.

Baca juga: Studi: Astronot Perlu Gunakan Kacamata Renang di Luar Angkasa

Mengutip dari salah satu situs milik Badan Antariksa AS ( NASA), starchild.gsfc. nasa.gov, mudahnya kita membagi pertanyaan ini menjadi dua.

Pertama, mengenai perbedaan warna langit di Bumi dan di luar angkasa. Kedua, warna gelap yang terjadi meski ada banyak bintang di antariksa.

Untuk menjawab yang pertama, mari kita kembali ke artikel Rahasia Alam Semesta: Kenapa Laut dan Langit Berwarna Biru?. Dalam artikel itu dijelaskan, warna biru di langit terjadi karena cahaya menghantam molekul-molekul di atmosfer Bumi dan menyebar ke segala arah.

Warna biru pada siang hari terjadi dari hasil proses hamburan cahaya. Nah, ketika di Bulan maupun Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) tak ada molekul atmosfer yang "ditabrak" oleh cahaya matahari.

Akibatnya, kita akan melihat warna hitam.

Lalu, pertanyaan yang lebih sulit adalah mengapa meski banyak bintang luar angkasa tetap berwarna hitam?

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X