Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Kenali 5 Penyakit yang Kerap Dialami Saat Mudik

Kompas.com - 28/05/2019, 21:01 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

Sumber


KOMPAS.com - Menjelang lebaran, beberapa dari Anda tentu akan mudik alias pulang kampung untuk berkumpul dengan keluarga. Namun padatnya arus mudik ternyata dapat membuat kita lebih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan.

Hal ini karena dalam kondisi puasa kita harus tetap tahan duduk selama berjam-jam, dan jika berkendara maka kita dituntut untuk berkonsentrasi penuh saat menghadapi kemacetan.

Tak heran, beberapa penyakit di bawah ini selalu jadi langganan menyerang para pemudik. Apa saja?

Baca juga: Mudik Sambil Belajar Sejarah Penamaan Kota Cirebon

1. Kelelahan dan mabuk perjalanan

Ketika melakukan perjalanan mudik sudah pasti kita akan merasa lelah terutama saat melakukan perjalanan darat.

Kepadatan arus mudik membuat energi dalam tubuh cepat terkuras sehingga memicu lelah dan rasa pegal. Lelah dan menurunnya daya tahan tubuh akhirnya dapat menyebabkan Anda mengalami mabuk dalam perjalanan.

Orang yang terkena mabuk perjalanan akan merasakan pusing, mual, dan muntah selama perjalanan. Mabuk jalan ini juga tidak hanya disebabkan oleh kelelahan tetapi akibat tercampurnya sinyal yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam.

Saat berada di dalam mobil, kereta, atau bus yang sedang melaju, tubuh kita berada dalam posisi diam tetapi mata dan telinga kita melihat ke sekitar selama perjalanan. Penglihatan dan pendengaran yang bergerak sementara tubuh diam menyebabkan pusing hingga akhirnya muntah.

2. ISPA

Infeksi saluran pernapasan (ISPA) seringkali disebabkan oleh debu dan polusi udara yang terhirup oleh pemudik terutama disaat kondisi jalanan mudik sedang sangat padat.

Tentu saja yang paling rentan terkena penyakit ini adalah pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor.

Ramainya arus mudik juga dapat membuat udara tidak hanya tercemar dengan polusi udara tetapi juga penyakit yang bisa tertular oleh pemudik lainnya.

3. Sembelit

Terlalu lama duduk selama berjam-jam serta membatasi makan dan minum agar tidak sering ke kamar mandi saat mudik dengan transportasi apapaun justru bisa menyebabkan sembelit.

Anda dapat mencegah sembelit dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan yang tinggi serat agar memperlancar sistem pencernaan. Jangan lupa juga untuk hindari kebiasaan menahan buang air kecil atau buang air besar agar tidak memperparah sembelit.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com