Kenapa Orang Gemuk Rentan Mengalami Varises?

Kompas.com - 22/05/2019, 16:32 WIB
Ilustrasi kegemukanCreativaImages Ilustrasi kegemukan


KOMPAS.com - Memiliki berat badan berlebih dapat memicu berbagai macam penyakit, varises salah satunya. Varises adalah membengkaknya pembuluh vena sehingga terlihat di permukaan kulit.

Varises terjadi akibat katup vena melemah atau rusak sehingga sulit menahan aliran darah yang menumpuk. Darah yang berasal dari jaringan tubuh seharusnya mengalir ke jantung.

Karena katup vena bermasalah, darah bisa berbalik arah dan menyebabkan pembuluh darah vena membengkak hingga tampak di permukaan kulit.

Terdapat beberapa orang yang memiliki risiko lebih besar untuk terkena varises. Misalnya saja faktor keturunan, usia, hingga adanya trauma pada kaki. Selain itu, obesitas juga menjadi salah satu faktor seseorang berisiko terkena varises.

Baca juga: Kaki Varises Jangan Dipijat, Bisa Berujung ke Serangan Jantung

Sebagaimana dilansir dari Huffington Post, Eddie Chaloner, seorang konsultan bedah vaskular, menyebutkan bahwa sekitar 30 persen orang memiliki varises, dan sebagian besar di antaranya adalah penderita obesitas.

Lantas, bagaimana obesitas bisa membuat seseorang terkena varises?

National Heart, Lung, and Blood Institute menjelaskan, orang yang sangat gemuk atau obesitas memberikan tekanan ekstra pada pembuluh vena. Hal itulah yang menyebabkan katup vena tidak bekerja secara maksimal untuk mengalirkan darah.

Tekanan yang besar juga membuat katup vena bekerja lebih keras sehingga berpotensi mengalami kerusakan seiring waktu. Kondisi tersebut kemudian menyebabkan vena membengkak sehingga terbentuklah varises.

Sayangnya, orang obesitas kerap kali tidak menyadari bahwa dirinya memiliki varises. Hal ini disebabkan pembuluh vena yang membengkak tidak terlihat di permukaan kulit karena tertutupi lemak.

Akibatnya, varises tidak dapat ditangani sejak awal sampai akhirnya menimbulkan pada kulit kaki bagian bawah.

Selain orang gemuk, ibu hamil juga berisiko varises. Pasalnya, selama masa kehamilan ibu hamil cenderung mengalami kenaikan berat badan.

Namun, varises yang terjadi pada ibu hamil biasanya bersifat sementara dan akan membaik dalam waktu 3 bulan hingga 1 tahun setelah melahirkan.

Cara menurunkan risiko varises pada orang gemuk

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X