Ahli Falak Jawa Timur Abadikan Citra ISS saat Transit di Muka Matahari

Kompas.com - 14/05/2019, 23:02 WIB
The Internationa Space Station atau Stasiun Luar Angkasa 23 Mei 2010 yang laluwikipedia The Internationa Space Station atau Stasiun Luar Angkasa 23 Mei 2010 yang lalu

KOMPAS.com - Ahmad Junaidi, seorah ahli ilmu falak di Jawa Timur berhasil mengabadikan gambar Stasiun Luar Angkasa Internasional ( ISS) yang sedang transit di muka Matahari. Foto tersebut diambil di Ponorogo, Jawa Timur.

Pria yang juga menekuni astrofotografi tersebut mengisahkan foto itu diambil pada Senin (13/05/2019) pagi hari.

"Foto itu saya ambil jam 07.52.58 mulai startnya. Jadi itu, saya ambil dalam format video, saya kompresi selama 10 detik," ungkap Ahmad kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (14/05/2019).

"Sepuluh detik itu karena setiap detiknya 30 frame, jadi total framenya ada 300," imbuhnya.

Baca juga: Kepala NASA: Rudal Anti-Satelit India Bahayakan ISS dan Astronot

Frame ini kemudian dipilah dan dipilih oleh Ahmad untuk mendapatkan yang paling berhasil menangkap citra ISS di muka matahari.

Untuk mengambil foto ini, Ahmad mengaku menggunakan teleskop sebagai alat bantu. Teleskop yang digunakan oleh Ahmad memiliki fokal rasio f5.

"Kemudian teleskopnya dikasih filter matahari dan yang paling penting harus ada penggerak robotiknya," ujar Ahmad.

"(Pengerak robotik) untuk mengunci pergerakan matahari, agar selalu terus diikuti oleh kamera. Tanpa penggerak robotik akan susah sekali untuk mendapatkan citra ISS tersebut karena melintas hanya sekian detik saja," tegasnya.

Dia juga menegaskan pengambilan foto yang dilakukannya butuh kecermatan. Salah satunya mengenai waktu ISS akan melintas di depan matahari.

Untuk itu, Ahmad menyebut dia menggunakan aplikasi yang bisa memantau kapan ISS melintas di atas langit Ponorogo sekaligus di muka matahari.

"Jadi setiap saat kita bisa mengecek posisi ISS ada di mana, kemudian melintas di atas kita kapan, sampai waktunya," kata Ahmad.

"Di ISS Detector (nama aplikasi) itu kan penjelasannya rentang waktu. Akan melintas di atas kita rentang waktu sekian sampai sekian. Untuk mendapatkan posisi pas yang akan kita bidik ini kita harus cermat," imbuhnya.

Halaman:



Close Ads X