NASA Kembangkan "Robot Lunak" dari Silikon untuk Menjelajah Dunia Lain

Kompas.com - 10/05/2019, 12:32 WIB
Robot lunak bikinan NASA untuk menjelajah misi ruang angkasa di masa depan. Robot lunak bikinan NASA untuk menjelajah misi ruang angkasa di masa depan.

KOMPAS.com - Robot ternyata tak selalu memiliki bentuk kaku dan terbuat dari metal. Belum lama ini Badan Antariksa AS ( NASA) berhasil menciptakan robot lunak untuk kepentingan penelitian di luar angkasa. Ini termasuk bulan, tujuan utama NASA bagi para astronot berikutnya.

Robot lunak kecil dengan empat "kaki" ini terbuat dari silikon putih dan dilengkapi aktuator atau komponen mekanis yang dapat mengontrol robot.

Meski bentuknya aneh dan jauh dari bayangan robot pada umumnya, tim yang terlibat dalam proyek ini menjanjikan bahwa robot lunak mampu bergerak fleksibel dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Keunggulan tersebut akan memudahkan robot lunak bergerak seperti organisme hidup. Dia dapat memperluas jangkauan gerak dan dengan mudah dapat memasuki area sempit.

Baca juga: NASA Bikin Simulasi Tabrakan Asteroid, New York Kemungkinan Lumpuh

Adalah Chuck Sullivan dan Jack Fitzpatrick, dua orang pegawai magang NASA yang bekerja di Langley Research Center NASA di Hampton, Virginia dan membuat robot lunak dengan aktuator.

"Ketika Anda menggerakkan robot lunak, itu mengubah cara Anda menggunakan properti material," kata Fitzpatrick dalam sebuah pernyataan.

"Sepotong karet silikon dapat berubah bentuk dari yang awalnya rata menjadi sesuatu mirip jari bentuk jari,” imbuhnya.

Melansir Live Science, Kamis (9/5/2019), robot lunak yang digarap Fitzpatrick dan rekannya kerjakan masih desain awal dan belum siap digunakan untuk penelitian di ruang angkasa.

Mereka masih mempersiapkan agar robot lunak itu dapat digunakan dalam misi ruang angkasa yang nyata.

Bagaimana robot lunak diciptakan?

Sullivan dan Fitzpatrick membangun aktuator dengan membuat cetakan 3D kemudian menuangkannya ke karet silikon yang fleksibel.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X