Kotoran Kelelawar Purba Jelaskan Asal Kekayaan Hayati Indonesia

Kompas.com - 27/04/2019, 20:07 WIB
Ilustrasi kotoran kelelawar di gua Norbert Nagel, Mörfelden-Walldorf, GermanyIlustrasi kotoran kelelawar di gua

KOMPAS.com – Sains merupakan upaya kita untuk memahami mekanisme cara kerja alam semesta. Untuk itu, seorang ilmuwan perlu mengeksplorasi berbagai objek untuk dapat menemukan jawaban di balik misteri semesta.

Objek tersebut dapat berupa sesuatu yang tidak terduga sebelumnya, termasuk tumpukan kotoran kelelawar purba setebal 3 meter.

Peneliti dari James Cook University, Australia, memilih kotoran kelelawar untuk pencarian akan pertanyaan yang selama ini menjadi misteri: mengapa kepulauan Indonesia, terutama Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Jawa, memiliki biodiversitas tinggi, padahal mereka terpisah relatif baru belakangan?

Salah satu teori yang menjadi penjelasan adalah savanna corridor theory yang mengatakan bahwa Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Jawa yang semula tergabung sebagai satu kesatuan Sundaland terpisah oleh koridor savana.