Kompas.com - 21/02/2019, 13:07 WIB
Peluncuran pesawat luar angkasa Challenger milik NASA pada 28 Januari 1986 di Cape Canaveral, Florida, mengganggu kawanan burung di sekitarnya. Peluncuran pesawat luar angkasa Challenger milik NASA pada 28 Januari 1986 di Cape Canaveral, Florida, mengganggu kawanan burung di sekitarnya.

KOMPAS.com - Sejak akhir tahun lalu, Elon Musk sudah mulai memperkenalkan Starship, roket anyar yang diklaim lebih canggih, kuat, dan murah. Nantinya, Starship juga dipersiapkan untuk menggantikan semua roket SpaceX.

Namun dari semua keistimewaan yang ditawarkan Musk, para ahli mengkhawatirkan Starship bakal mengalami kabakaran saat mendarat di Mars atau pulang ke Bumi.

Terlebih, masalah besar itu diakibatkan oleh kotoran burung, debu, dan hal lainnya yang bertebaran di atmosfer.

Starship dirancang memiliki tinggi sekitar 55 meter dan rencananya akan resmi dirilis pada bulan Maret atau April. Nantinya Starship dapat memuat 100 penumpang dan lebih dari 100 ton kargo untuk diluncurkan sekaligus ke Mars.

Baca juga: Ini Alasan Elon Musk Pilih Stainless Steel untuk Roket Barunya

Seperti diberitakan sebelumnya, Musk juga pernah mengungkap menggunakan stainless steal sebagai bahan utama pembuatan Starship. Dia berkata, materi itu akan membuat pesawat ruang angkasa tetap dingin saat bergerak dengan kecepatan tinggi.

Namun ternyata beberapa ahli dirgantara justru meragukan idenya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alasan debu dan kotoran burung mengancam Starship

Untuk diketahui, pelindung atau perisai panas adalah keharusan mutlak bagi pesawat ruang angkasa.

Saat pesawat ruang angkasa pulang ke Bumi dari orbit, kecepatan rata-ratanya 30.600 kilometer per jam.

Itu sangat cepat sehingga membuat molekul di depan pesawat ruang angkasa berubah menjadi plasma super panas yang dapat membuat bahan paling tahan panas mengalami korosi (reaksi kimia yang merusak logam melalui reaksi dengan lingkungan), meleleh, atau menguap.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.