2 Spesies Burung Baru Ditemukan di Sulawesi, Ungkap Keunikan Evolusi

Kompas.com - 25/04/2019, 13:51 WIB
Ahli zoologi temukan dua spesies burung baru di Sulawesi. Ahli zoologi temukan dua spesies burung baru di Sulawesi.

KOMPAS.com - Ahli zoologi kembali membuktikan Indonesia memiliki kekayaan hayati berlimpah dengan temuan dua spesies burung baru di kepulauan Wakatobi, Sulawesi.

Temuan ini dilakukan oleh ahli zoologi dari Trinity College Dublin bekerja sama dengan Universias Halu Oleo (UHO) dan Operasi Wallacea.

Deskripsi kedua burung yang dinamai mata putih Wakatobi dan mata putih Wangi-wangi telah dipublikasikan di jurnal Zoologi Linnean Society yang terbit Rabu (24/4/2019).

Baca juga: Penjelajah Temukan Balon Hidup di Palung Jawa, Spesies Baru?

Kisah pencarian burung mata putih Wakatobi dan mata putih Wangi-wangi

Profesor Nicola Marples dari Trinity College, Dublin, Irlandia bersama timnya telah mempelajari keanekaragaman burung di Sulawesi dan pulau-pulau sekitarnya sejak 1999.

Bagi mereka, Sulawesi adalah surga bagi flora dan fauna yang unik dan cantik. Sulawesi memiliki banyak sekali spesies endemik yang tidak dapat ditemukan di tempat lain karena berlokasi di parit laut dalam yang mengisolasi Sulawesi dari daratan lain, bahkan sejak zaman es ketika permukaan laut turun.

Sebelum turun langsung ke tanah Sulawesi, tim Trinity College menggandeng mitra UHO untuk membuat katalog keanekaragaman hayati unik di Sulawesi selama 20 tahun.

Mereka menggunakan pendekatan penelitian modern untuk mencari pembeda antar spesies. Hal ini melibatkan ukuran genetik, ukuran tubuh, dan suara kicauan.

Ketika tim mempelajari suara kicauan burung, mereka harus sangat berhati-hati dan cermat. Pasalnya, burung menggunakan suara merdunya untuk memikat lawan jenis sebelum kawin dan suara mereka khas.

Jika seekor burung bernyanyi tapi yang ada di sekitarnya adalah burung beda spesies, tentu mereka tidak akan saling tertarik dan kawin.

Akhirnya setelah beberapa generasi, burung dalam populasi berbeda memiliki cukup perbedaan dan bisa diklasifikasikan sebagai spesies unik.

Sumber PHYSORG