Katanya Gelap, tapi Kenapa Pinggiran Lubang Hitam Berwarna Oranye?

Kompas.com - 11/04/2019, 19:32 WIB
Foto pertama lubang hitam yang didapatkan lewat observasi dengan Event Horizon Telescope (EHT) EHTFoto pertama lubang hitam yang didapatkan lewat observasi dengan Event Horizon Telescope (EHT)


KOMPAS.com - Rabu malam (10/4/2019) para astronom Internasional resmi merilis foto lubang hitam alias black hole.

Pada gambar tersebut, nampak lubang hitam alias black hole menyerupai cincin dengan pinggiran berwarna oranye seperti api.

Gambar itu merupakan hasil kerja keras dua tahun dari delapan teleskop yang tersebar di berbagai penjuru dunia dalam mengumpulkan data dan terhubung dengan Event Horizon Telescope (EHT) dan Kaite Bouman sebagai pemimpin algoritma yang menerjemahkan data menjadi gambar.

Gambar yang kita lihat adalah potret lubang hitam yang ada di galaksi M87, jauhnya sekitar 500 triliun kilometer dari Bumi.

Baca juga: Foto Pertama Lubang Hitam Terungkap, Ini yang Perlu Digarisbawahi

Katanya lubang hitam itu gelap tanpa cahaya, lalu kenapa ada semburan oranye di bagian pinggir cincin?

Menurut laporan di jurnal National Science Foundation (NSF), lubang hitam adalah benda padat dengan bobot sekitar 6,5 miliar kali matahari.

Karena ukuran raksasa itu, lubang hitam dapat melengkungkan ruang-waktu dengan memanaskan debu dan gas di sekitarnya hingga suhu ekstrem.

Teori yang beredar menyebut lubang hitam tak bisa dilihat karena tidak ada satu pun cahaya yang bisa lolos darinya.

Namun Albert Einstein memiliki teori tentang relativitas umum yang menyatakan bahwa dalam keadaan tertentu garis besar di sekitar lubang hitam dan horizon peristiwa cahaya dapat terlihat.

"Jika terbenam di daerah terang, lubang hitam seperti cakram gas bercahaya. Kami berharap lubang hingga akan menciptakan daerah gelap mirip dengan bayangan," ungkap Ketua Dewan Sains EHT Heino Falcke yang seorang profesor astronomi radio dan fisika astropartikel dari Universitas Radbound Belanda dilansir Live Science, Rabu (10/9/2019).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X