Katanya Gelap, tapi Kenapa Pinggiran Lubang Hitam Berwarna Oranye?

Kompas.com - 11/04/2019, 19:32 WIB
Foto pertama lubang hitam yang didapatkan lewat observasi dengan Event Horizon Telescope (EHT) EHTFoto pertama lubang hitam yang didapatkan lewat observasi dengan Event Horizon Telescope (EHT)

KOMPAS.com - Rabu malam (10/4/2019) para astronom Internasional resmi merilis foto lubang hitam alias black hole.

Pada gambar tersebut, nampak lubang hitam alias black hole menyerupai cincin dengan pinggiran berwarna oranye seperti api.

Gambar itu merupakan hasil kerja keras dua tahun dari delapan teleskop yang tersebar di berbagai penjuru dunia dalam mengumpulkan data dan terhubung dengan Event Horizon Telescope (EHT) dan Kaite Bouman sebagai pemimpin algoritma yang menerjemahkan data menjadi gambar.

Gambar yang kita lihat adalah potret lubang hitam yang ada di galaksi M87, jauhnya sekitar 500 triliun kilometer dari Bumi.