Tanpa Perempuan Jenius Ini, Foto Lubang Hitam Mungkin Tak Pernah Ada

Kompas.com - 11/04/2019, 17:01 WIB
Katie Bouman, perempuan muda yang memimpin penyusunan algoritma untuk menampilkan foto lubang hitam pertama. Katie Bouman, perempuan muda yang memimpin penyusunan algoritma untuk menampilkan foto lubang hitam pertama.

KOMPAS.com - Terungkapnya foto pertama lubang hitam alias black hole diabadikan oleh delapan teleskop yang tersebar di bebera negara dan terhubung oleh Event Horizon Telescope (EHT). Namun, kita tidak mungkin dapat menyaksikan foto itu kalau tak ada si jenius Katie Bouman (29).

Bouman adalah perempuan muda yang memimpin pengembangan algoritma untuk menghasilkan gambaran lubang hitam.

Dalam sebuah video singkat saluran Ted yang diunggah pada 28 April 2017 ke Youtube, Bouman menegaskan dia bukanlah seorang astronom tetapi ia melakukan riset di laboratorium komputer untuk menerjemahkan gambar atau video.

Bersama dengan 200 ilmuwan dari seluruh dunia, tiga tahun lalu Bouman bergabung dan memimpin penyusunan algoritma yang bisa membantu merancang pencitraan lubang hitam supermasif di pusat galaksi M87.