Kompas.com - 11/04/2019, 19:01 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Berbagai pemberitaan dihiasi tentang foto pertama lubang hitam yang berhasil dibuat oleh para ilmuwan dunia. Namun jauh sebelum foto ini dibuat, lubang hitam atau black hole telah mengalami sejarah panjang.

Banyak ilmuwan yang memikirkan keberadaan benda langit ini hingga beberapa berhasil mengamati sekaligus membuktikan adanya lubang hitam.

Bahkan setelah melalui beberapa pengamatan dan pengamatan, lubang hitam tetap menjadi misteri bagi banyak ilmuwan. Hingga akhirnya baru-baru ini, foto pertama lubeng hitam dipublikasikan pada khalayak.

Jika menarik waktu mundur ke belakang, beginilah perjalanan pemikiran lubang hitam.

Baca juga: Setelah 2,5 Abad, Gambar Lubang Hitam Pertama Terungkap. Ini Fotonya...

Petunjuk Pertama

Gagasan pertama tentang lubang hitam dibuat oleh ilmuwan Inggris John Michell sekitar tahun 1783. Michell menjelaskan bahwa cahaya tidak bisa lepas dari benda yang memberinya ukuran yang sangat besar.

Karena cahaya tidak bisa lepas dari bintang, maka bintang itu tidak akan terlihat oleh semua pengamat dari luar. Michell menyebutnya sebagai "bintang gelap".

Teori Relativitas

Berbicara tentang lubang hitam tentu tak lepas dari teori relativitas milik Albert Einstein. Ketika memperkenalkan teori tersebut, Einstein mendeskripsikan bahwa ada kelengkungan ruang dan waktu, memproduksi gravitasi.

Teori ini belakangan mengarah pada benda yang bisa membungkuswilayah ruang angkasa secara tak terbatas, berhimpitan dengan garis tepi yang disebut dengan horizon, dari sesuatu yang tidak bisa dilepaskan, yang kita sebut lubang hitam.

Radius Schwarzschild

Meski telah memperkirakan adanya lubang hitam, Einstein bukanlah yang menemukan benda langit ini.

Karl Schwarzschild-lah yang pertama kali menggunakan persamaan revolusioner milik Einstien dan menunjukkan bahwa lubang hitam sungguh-sungguh ada.

Dari Karl, dikenal radius Schwarzschild, sebuah pengukuran untuk menunjukkan seberapa benda harus termampatkan untuk menjadi lubang hitam.