Mengenal John Michell, Genius Penggagas Lubang Hitam yang Terlupakan

Kompas.com - 11/04/2019, 15:32 WIB
Foto pertama lubang hitam yang didapatkan lewat observasi dengan Event Horizon Telescope (EHT) EHTFoto pertama lubang hitam yang didapatkan lewat observasi dengan Event Horizon Telescope (EHT)

KOMPAS.com - Bukti visual berupa foto lubang hitam atau black hole yang dibagikan para peneliti segera menjadi buah bibir warganet. Bagaimana tidak, potret yang dibuat dalam kurun waktu 2 tahun tersebut membuktikan adanya lubang hitam bagi masyarakat awam.

Telebih lagi, foto lubang hitam terkait erat dengan sejarah terbentuknya alam semesta.

Gagasan mengenai lubang hitam sendiri sudah ada sejak berabad lalu. Adalah John Michell, jenius asal Inggris yang pertama kali mengungkapkan gagasan mengenai lubang hitam pada 1783.

Michell lahir pada 1724 dan kemudian mengenyam pendidikan di Universitas Cambridge, Inggris. Dia juga mengajar banyak hal di alamamaternya tersebut, mulai dari bahasa Ibrani dan Yunani hingga matematika dan geologi.

Baca juga: Setelah 2,5 Abad, Gambar Lubang Hitam Pertama Terungkap. Ini Fotonya...

Pada 1761, dia terpilih menjadi anggota Royal Society. Tapi, pada 1767, Michell memilih untuk menjadi rektor gereja di Inggris Utara, tepatnya kota kecil Leeds.

Dia menghabiskan hari-harinya di kota tersebut.

Meski begitu, dia tidak kehilangan gairahnya terhadap ilmu pengetahuan. Michell tetap berkarya dengan menulis dan menerbitkan beberapa pemikirannya.

Merangkum dari amnh.org, pada 1755, Michell menuliskan buku yang membantu seismologi menjadi sebuah ilmu. Dia berpendapat, gempa bumi menyebar sebagai gelombang melalui Bumi yang solid dan terkait dengan lempeng geologi yang berbeda, pada dasarnya ini memprediksi keberadaan garis patahan.

Dengan pemikiranya itu, Michell mendapatkan julukan bapak seismologi.