Langka, Zebra Pirang Tertangkap Kamera Berkeliaran di Afrika

Kompas.com - 03/04/2019, 17:07 WIB
Zebra pirang di Kenya. Zebra pirang di Kenya.


KOMPAS.com - Zebra pirang langka ditemukan berkeliaran di Taman Nasional Serengeti, Afrika. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa zebra berwarna terang bisa hidup di alam liar.

Sergio Pitamitz, seorang fotografer untuk National Geographic berada di Tanzania saat dia berhasil mengabadikan zebra pirang di sana.

Pitamitz awalnya tak sengaja melihat seekor zebra berwarna terang di tengah kelompok zebra hitam putih. Zebra dengan garis putih dan warna emas menyala sedang minum dari lubang air di dekatnya.

"Awalnya saya pikir zebra itu kotor karena debu. Namun saat terkena air, debu itu tidak luntur," ujar Pitamitz kepada National Geographic.

Baca juga: Peneliti Temukan Alasan Pola Hitam Putih di Tubuh Zebra

Melansir IFL Science, zebra itu diduga mengalami albinisme parsiel atau kondisi genetik di mana tubuh kekurangan melanin atau pigmen gelap pada rambut, kulit, dan bulu.

Albinisme juga pernah tercatat dialami sejumlah hewan, mulai dari orangutan sampai penguin.

Jika albinisme adalah kekurangan melanin, maka melanisme adalah kebalikannya yakni kelebihan pigmen gelap. Kondisi ini kerap dialami oleh kucing besar.

Meski albinisme kerap dijumpai pada beberapa hewan, zebra pirang dengan albinisme tetaplah sangat jarang. Kalaupun ada, itu hanya terjadi di penangkaran.

Para ahli tidak yakin apakah zebra albinisme dapat bertahan hidup di alam liar. Pasalnya garis hitam putih pada zebra berfungsi untuk menangkal gigitan lalat yang banyak hidup di dataran dan pegunungan Afrika tempat zebra hidup.

Selain menggunakan suara dan bau, zebra menggunakan pola garis di tubuh untuk mengidentifikasi satu sama lain.

Setiap pola zebra unik dan seperti sidik jari pada manusia. Hal ini yang mungkin membuat zebra pirang tidak dikucilkan, seperti nampak dalam foto.

Baca juga: Garis Hitam-Putih Zebra Jadi Rahasia Hindari Gigitan Serangga

Sebelumnya, zebra pirang bernama Zoe, yang tinggal di Three Ring Ranch Animal Sanctuary di Hawaii dianggap sebagai satu-satunya zebra pirang sampai dia meninggal pada 2017.

Namun, di Taman Nasional Gunung Kenya juga ada kawanan kecil zebra pirang, meski mereka sengaja dibiakkan.

Sebenarnya ada tiga spesies zebra, yakni zebra dataran, zebra gunung, dan zebra Grévy. Semuanya memiliki tanda yang sedikit berbeda. Mungkin saja mereka mengembangkan garis-garis secara mandiri.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X