Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Sesuatu tentang Zebra yang Tak Pernah Diketahui Manusia, Ini Dia

Kompas.com - 25/05/2017, 20:09 WIB
Monika Novena

Penulis

KOMPAS.com - Setiap tahun, hampir ribuan binatang di benua Afrika melakukan migrasi untuk mencari makanan. Salah satunya adalah zebra.

Meski menjadi suatu hal yang rutin terjadi, tetapi ilmuwan sampai kini masih bertanya-tanya bagaimana para hewan itu menentukan arah migrasi.

Sebuah studi tentang migrasi zebra berhasil mengungkap rahasia zebra yang tak pernah diketahui manusia, tentang cara hewan bercorak khas tersebut mengenali jalur migrasi.

Tim peneliti menemukan, zebra menggunakan ingatan mereka sebagai panduan. Mereka punya memori masa lalu yang dengan jelas mengarahkan zebra ke tempat tujuan.

Sebaliknya, tanda-tanda seperti kondisi vegetasi di sepanjang jalan kurang penting untuk menunjukkan arah migrasi.

"Zebra bermigrasi ke lokasi yang punya sumber makanan terbaik pada masa lalu," kata Chloe Bracis, peneliti yang memimpin riset.

"Mereka tampaknya menavigasi tujuan mereka berdasarkan ingatan," lanjut Bracis seperti dikutip Daily Mail pada Rabu (24/5/2017).

Bracis dan peneliti Pusat Penelitian Keanekaragaman Hayati dan Iklim Senckenberg di Frankfurt di wilayah sekitar 300 kilometer Delta Okavango, Botswana hingga padang rumpur Mokgadokgadi pada musim migrasi.

Bracis dan rekannya lalu membandingkan rute migrasi zebra hasil simulasi komputer dengan hasil pengamatan langsung rute migrasi zebra menurut data GPS.

Peneliti lantas menguji apakah 2 mekanisme yang dapat mempengaruhi arah migrasi. Pertama, peneliti menguji mekanisme persepsi, misalnya tentang vegetasi hijau.

Kedua mekanisme memori zebra, yaitu informasi dari migrasi sebelumnya yang berguna meramalkan arah migrasi selanjutnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis memori zebra pada masa lalu dapat dipakai memprediksi tujuan migrasi zebra lebih akurat empat kali daripada analisis persepsi.

Peneliti berharap hasil studi ini dapat memberikan kontribusi bagi konservasi zebra.

"Seseorang hanya bisa melindungi rute migrasi secara efisien jika seseorang tahu bagaimana hewan tersebut bermigrasi," kata Bracis.

Meski begitu peneliti juga memperingatkan bahwa rute migrasi zebra terancam oleh perubahan iklim dan perubahan penggunaan lahan di Afrika. Misalnya saja, migrasi zebra diblokir oleh pagar dari tahun 1960an hingga 2004.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com