Terapi Sel Terkini Untuk Obati Segala Kanker Resmi Dibuka di Australia

Kompas.com - 25/03/2019, 17:06 WIB
ilustrasi kanker ilustrasi kanker


KOMPAS.com - Pusat Kanker Peter MacCallum di Melbourne, Australia, mulai menyediakan layanan terapi sel untuk mengobati kanker. Bentuk terapinya berupa T-CAR yang didanai pemerintah sebesar 80 juta dollar AS atau lebih dari Rp 1,1 triliun.

Bentuk baru perawatan kanker ini berupa pengangkatan beberapa sel sistem kekebalan tubuh pasien sehingga dapat direkayasa ulang di laboratorium.

Sel-sel kekebalan tubuh yang telah direkayasa tersebut kemudian dimasukkan kembali ke tubuh pasien untuk menyerang sel kanker.

"Australia sekarang menjadi salah satu pusat utama di dunia, bukan hanya untuk pengobatan tetapi juga untuk terapi sel T CAR," ujar Menter Kesehatan Greg Hunt.

Baca juga: Studi: Teh Panas Tingkatkan Risiko Kanker Esofagus

Fasilitas ini, katanya, bukan hanya yang pertama di Australia, tapi juga di Asia.

Perawatan terapi sel T CAR baru disetujui penerapannya oleh Therapeutic Goods Administration, otoritas bidang kesehatan di Australia, pada Desember tahun lalu. Biayanya sebesar 598.000 dollar atau sekitar Rp 6 miliar per pasien.

Simon Harrison dari Peter MacCallum Cancer Centre menjelaskan lembaganya kini sudah mulai menggunakan terapi sel T CAR untuk mengobati pasien dalam uji klinis.

Menurut dia, pembiayaan terapi yang ditanggung pemerintah akan diputuskan dalam beberapa minggu mendatang.

Menkes Hunt mengatakan jika pendanaan disetujui, pasien kemungkinan tidak perlu mengeluarkan biaya atau kemungkinan akan sangat murah.

"Sesuatu yang tak mampu dijangkau semua orang, kini bisa dijangkau semua orang," ujarnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X