5 Akun Instagram Ini Bikin Kamu Semangat Diet Plastik

Kompas.com - 01/03/2019, 17:35 WIB
Ilustrasi sampah plastik. ThinkstockIlustrasi sampah plastik.

KOMPAS.com - Mulai hari ini, Jumat (01/03/2019), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menerapkan Kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) di ritel-ritel seluruh Indonesia.

Kebijakan tersebut dibuat dan diberlakukan untuk mendukung slaah satu visi pemerintah mengurangi sampah 30 persen, termasuk sampah plastik pada 2050 mendatang.

Selain oleh pengusaha, semangat mengurangi sampah plastik ini juga harus datang dari diri kita sendiri. Untuk menambah semangat "berdiet" plastik, setidaknya ada 5 akun Instagram yang bisa Anda ikuti.

Baca juga: 5 Jenis Sampah Terbanyak di Bumi, dari Puntung Rokok hingga Styrofoam

1. @sayapilihbumi

Dalam bio @sayapilihbumi disebutkan bahwa akun tersebut merupakan gerakan yang mengajak semua orang untuk mengubah perilaku sehati-hari terhadap plastik sekali pakai. Tujuan mereka tak lain adalah menjaga bumi dan isinya dari perilaku sehari-hari.

Untuk membagikan semangat diet plastik, mereka berkolaborasi dengan beberapa perusahaan atau komunitas lain. Salah satunya dengan Kompas Gramedia, mereka membuat tantangan "7 Hari Tanpa Plastik" yang diadakan pada Februari lalu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Hallo sahabat, @sayapilihbumi dan @kompasgramedia bakalan nantangain kamu ikutan ‘7 Hari Tanpa Plastik’ dalam rangka menuju dan menyambut Hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari 2019. • Tantangan akan kita mulai dari tanggal 14 Februari 2019 yah, challengenya apa aja? Tungguin di postingan selanjutnya ya. . Dapatkan hadiah menarik bagi pemenang beruntung. ???? Caranya? 1. Follow akun @kompasgramedia dan @sayapilihbumi 2. Re-post foto ini di instagram kamu dengan caption sebagai berikut : “Halo nama saya ____. Saya siap menjadi pasukan untuk bumi dengan mengikuti tantangan #7HariTanpaKamu. Kalau kamu? #KGpilihBumi #BerkolaborasiUntukIndonesia #SayaPilihBumi” 3. Tag akun @kompasgramedia dan @sayapilihbumi 4. Tag 3 orang temanmu untuk mengikuti #7HariTanpaKamu 5. Unggah foto atau video tantangan setiap harinya 6. Tantangan dimulai pada tanggal 14 Februari – 21 Februari 2019. • Mari berkolaborasi menjaga bumi kita! KG pilih Bumi, Saya Pilih Bumi. Kalau kamu?

A post shared by sayapilihbumi (@sayapilihbumi) on Feb 12, 2019 at 3:43am PST

Akun ini juga beberapa kali membagikan informasi tentang acara diskusi tentang permasalahan sampah plastik di Indonesia.

2. @pulauplastik

Ini merupakan akun untuk mempromosikan serial video edukasi tentang dampak sampah plastik. Tapi tidak hanya tentang pemutaran video saja, akun ini sering membagikan informasi dampak sampah plastik melalui info grafis.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Mikroplastik adalah potongan kecil dari bahan plastik yang dapat mencemari lingkungan. Terdapat dua jenis dari mikroplastik saat ini, yaitu: mikro primer yang terdapat pada produk-produk kosmetik, misalnya: sabun "scrub" wajah, dan mikro sekunder yang berasal dari serpihan sampah plastik yang lebih besar, misalnya botol plastik, kantong kresek, dll. Mari lebih bijak dalam memilih dan menggunakan produk pakai berbahan plastik agar kelestarian hayati dunia tetap terjaga. —————————————— Microplastic is tiny pieces of plastic material that can pollute the environment. There are two types of microplastic: micro primers found in cosmetic products, such as facial scrubs, and secondary microstructures derived from larger plastic debris, such as plastic bottles, plastic bags, etc. Let's start being wiser in choosing and using disposable plastic products so the world's biological sustainability is maintained.#pulauplastik #sampahplastik #balibersih

A post shared by Pulau Plastik (@pulauplastik) on Aug 24, 2018 at 2:07am PDT

Akun tersebut juga memberikan alternatif untuk mengurangi masalah sampah plastik seperti penggunaan kantong belanja, botol minum, atau tempat makan.

3. @zerowaste.id_official

Akun ini dikelola untuk menyebarkan gaya hidup zero waste. Zero waste sendiri adalah gaya hidup yang menghindari atau meminimalisir produksi sampah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X