Kompas.com - 21/02/2019, 17:46 WIB

KOMPAS.com – Seperti yang dilaporkan oleh Kompas.com sebelumnya, Indonesia merupakan pembuang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia. Hal ini tentunya bukan sesuatu yang membanggakan.

Selain mengotori lautan, sampah plastik mengancam kesehatan seluruh makhluk hidup di bumi, termasuk manusia. Dua penelitian oleh Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar dan Pusat Oceanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), misalnya, menemukan bahwa garam dan ikan teri Indonesia telah tercemar mikroplastik.

Oleh karena itu, diperlukan upaya bersama untuk menyelesaikan masalah ini. Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan secepatnya adalah dengan menggunakan alternatif plastik sekali pakai yang lebih ramah lingkungan. Kompas.com telah merangkum empat alternatif yang dapat Anda beli secara online.

Baca juga: Hari Peduli Sampah Nasional: 5 Fakta Ancaman Nyata Sampah di Indonesia

1. Sedotan stainless

Walaupun terlihat kecil, sedotan plastik merupakan kontributor polusi lautan yang sangat signifikan. Pasalnya, mayoritas sedotan plastik tidak dapat didaur ulang karena terlalu ringan bagi mesin penyortir sampah.

Untungnya, kini mulai banyak kafe dan restauran yang punya inisiatif untuk tidak menawarkan sedotan plastik tanpa diminta. Bersamaan dengan kesadaran ini, sedotan stainless yang dapat dipakai berulang kali juga menjadi populer di toko-toko online Indonesia.

Sedotan yang lebih ramah lingkungan ini tersedia dalam beragam warna dan bentuk. Ada yang berdiameter kecil dan yang berdiameter besar. Ada juga yang lurus saja dan ada yang bisa dibengkokkan. Namun, pastikan Anda juga membeli sikat pencuci khusus sedotan untuk memudahkan pembersihannya.

2. Cloth diaper atau clodi

Istilah “clodi” belakangan menjadi tren di toko online. Selain lebih ekonomis, popularitas clodi juga disebabkan oleh kesadaran para orangtua Indonesia untuk mengurangi penggunaan popok sekali pakai yang seringkali mengandung plastik. Ya, clodi merupakan singkatan dari cloth diaper yang berarti popok kain.

Clodi terbuat dari bermacam-macam bahan, seperti katun, bambu, hingga wool. Lalu, tidak seperti popok kain yang digunakan nenek Anda dulu, clodi kini lebih modern dengan penyerap bagian dalam yang bisa dilepaskan dari bagian luar antibocornya. Dengan demikian, clodi menjadi lebih mudah dibersihkan.

Baca juga: Hari Peduli Sampah Nasional, Ini 5 Solusi Mengatasi Masalah Sampah

Halaman Selanjutnya
Halaman:



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.