Salin Artikel

5 Akun Instagram Ini Bikin Kamu Semangat Diet Plastik

KOMPAS.com - Mulai hari ini, Jumat (01/03/2019), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menerapkan Kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) di ritel-ritel seluruh Indonesia.

Kebijakan tersebut dibuat dan diberlakukan untuk mendukung slaah satu visi pemerintah mengurangi sampah 30 persen, termasuk sampah plastik pada 2050 mendatang.

Selain oleh pengusaha, semangat mengurangi sampah plastik ini juga harus datang dari diri kita sendiri. Untuk menambah semangat "berdiet" plastik, setidaknya ada 5 akun Instagram yang bisa Anda ikuti.

1. @sayapilihbumi

Dalam bio @sayapilihbumi disebutkan bahwa akun tersebut merupakan gerakan yang mengajak semua orang untuk mengubah perilaku sehati-hari terhadap plastik sekali pakai. Tujuan mereka tak lain adalah menjaga bumi dan isinya dari perilaku sehari-hari.

Untuk membagikan semangat diet plastik, mereka berkolaborasi dengan beberapa perusahaan atau komunitas lain. Salah satunya dengan Kompas Gramedia, mereka membuat tantangan "7 Hari Tanpa Plastik" yang diadakan pada Februari lalu.

2. @pulauplastik

Ini merupakan akun untuk mempromosikan serial video edukasi tentang dampak sampah plastik. Tapi tidak hanya tentang pemutaran video saja, akun ini sering membagikan informasi dampak sampah plastik melalui info grafis.

3. @zerowaste.id_official

Akun ini dikelola untuk menyebarkan gaya hidup zero waste. Zero waste sendiri adalah gaya hidup yang menghindari atau meminimalisir produksi sampah.

Salah satu sampah yang paling banyak dibicarakan oleh akun ini adalah plastik. Akun tersebut mendorong orang untuk mengganti plastik dengan benda yang bisa digunakan ulang.

Bukan hanya itu, akun ini juga mengajak kita merefleksi berapa banyak dan apa saja sampah yang kita hasilkan.

4. @sustanation

Selain dalam berbelanja, masalah plastik juga mengintai para perempuan dalam kasus menstruasi mereka. Seperti yang kita tahu, sebagian besar bahan pembalut atau tampon adalah plastik sekali pakai.

Salah satu akun yang menyuarakan untuk mengurangi penggunaan pembalut adalah @sustanation. Mereka menawarkan penggunaan menstruation cup atau menstrual pads sebagai ganti pembalut.

5. @byebyeplasticbags

Bye bye plastic bags adalah salah satu akun yang mengkampanyekan pengurangan kantong plastik sekali pakai. Akun yang dijalankan oleh seorang remaja Bali bernama Melati Wijsen itu bahkan telah mendunia.

Akun ini sering mengunggah ajakan untuk aksi bersih-bersih di Bali. Salah satunya yang dilakukan pada 16 Februari lalu.

https://sains.kompas.com/read/2019/03/01/173500723/5-akun-instagram-ini-bikin-kamu-semangat-diet-plastik

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.