Punya Nilai Ekonomi Tinggi dan 6 Fakta Lain Lebah Raksasa Asal Maluku

Kompas.com - 27/02/2019, 13:05 WIB
Lebah raksasa Wallace yang terbesar di dunia ditemukan di Maluku setalah hampir 40 tahun menghilang. Lebah raksasa Wallace yang terbesar di dunia ditemukan di Maluku setalah hampir 40 tahun menghilang.

KOMPAS.com - Terekamnya lebah raksasa Wallace atau lebah pluto (Megachile pluto) di Maluku Utara adalah oasis di tengah penurunan keanekaragaman jenis dan populasi serangga secara global.

Lebah Wallace tak hanya memiliki ukuran besar, dia juga memiliki beberapa karakteristik unik yang tidak dimiliki lebah lain.

Berikut adalah 7 fakta menarik tentang lebah Wallace, si hitam dari Maluku Utara.

Baca juga: Sembunyi Hampir 40 Tahun, Lebah Terbesar di Dunia Ditemukan di Maluku

1. Ukuran

Salah satu alasan kenapa lebah Wallace disebut raksasa dan terbesar di dunia, tak lain karena ukurannya yang jauh lebih besar dibanding lebah Eropa.

Lebah Wallace betina panjangnya bisa mencapai empat sentimeter dan panjang lidah sampai tiga sentimeter. Dengan tubuh yang besar, bentangan sayap lebah Wallace bisa sampai enam sentimeter.

Ukuran lebah betina Wallace jauh lebih besar dibanding lebah jantan yang ukurannya kurang dari tiga sentimeter atau hanya satu inci.

2. Endemik dan asli Indonesia

Peneliti lebah LIPI Sih Kahono menjelaskan, lebah raksasa Wallace merupakan satu dari 456 jenis lebah yang ditemukan di Indonesia dan hanya ditemukan di sejumlah pulau di Maluku Utara.

3. Setelah menyengat tidak mati

Kalau lebah Eropa menyengat akan langsung mati, maka hal ini tak terjadi pada lebah Wallace.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X