Pesawat Antariksa Jepang Tinggalkan Jejak di Asteroid Ryugu

Kompas.com - 26/02/2019, 12:12 WIB
Lokasi pendaratan pesawat ruang angkasa Hayabusa2 di asteroid Ryugu. Bayangan Hayabusa2 terlihat jelas. Lokasi pendaratan pesawat ruang angkasa Hayabusa2 di asteroid Ryugu. Bayangan Hayabusa2 terlihat jelas.

KOMPAS.com - Badan Eksplorasi Luar Angkasa  Jepang (JAXA) baru saja menangkap sesuatu yang luar biasa dari asteroid Ryugu minggu ini.

Pesawat luar angkasa Hayabusa2 tak hanya memotret rupa Ryugu, tapi juga sukse melakukan pendaratan, mengambil sampel, dan meninggalkannya secepat kilat.

Melansir Science Alert, Selasa (26/2/2019), Hayabusa2 tiba di Ryugu bulan Juni 2018 dan menjatuhkan sepasang penjelajah kecil seukuran kue untuk mengeksplorasi Ryugu di September 2018.

Baca juga: Resmi Sudah, Pesawat Antariksa Jepang Mendarat di Asteroid Ryugu

Selain menjatuhkan rover sekecil kue, yang paling menarik dari misi Hayabusa2 adalah membawa sampel asteroid Ryugu ke Bumi.

Bagaimana hal itu dilakukan?

Empat hari lalu, Jumat (22/2/2019), Hayabusa2 mendarat di permukaan Ryugu dan menembakkan peluru tantalum pada kecepatan 300 meter per detik ke permukaan asteroid.

Tantalum adalah suatu unsur kimia jenis logam transisi yang sangat tahan pada korosi dan ditemukan pada mineral tantalit.

Penembakkan peluru ke permukaan itu mengeluarkan sampel asteroid Ryugu yang segera ditangkap tabung khusus dari Hayabusa2. Proses itu terjadi dengan sangat singat, kurang dari satu menit.

Selain mengambil sampel, Hayabusa2 segera mengambil potret Ryugu dari dekat sesaat setelah lepas landas. Foto itu diambil dari ketinggian 25 meter di atas Ryugu.

Lokasi pendaratan pesawat ruang angkasa Hayabusa2 di asteroid Ryugu. Bayangan Hayabusa2 terlihat jelas. Lokasi pendaratan pesawat ruang angkasa Hayabusa2 di asteroid Ryugu. Bayangan Hayabusa2 terlihat jelas.
Seperti kita lihat, bayangan dalam foto permukaan Ryugu di atas adalah milik Hayabusa2 yang terbang sangat dekat di atasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X