Begini Penampakan Permukaan Asteroid Ryugu - Kompas.com

Begini Penampakan Permukaan Asteroid Ryugu

Kompas.com - 27/09/2018, 20:33 WIB
Gambar permukaan asteroid Ryugu yang diambil robot penjelajah Hayabusa 2 Gambar permukaan asteroid Ryugu yang diambil robot penjelajah Hayabusa 2

KOMPAS.com - Badan antariksa Jepang (JAXA) kembali merilis gambar baru dari robot penjelajah asteroid, Hayabusa 2. Foto-foto tersebut mengungkap rincian baru permukaan batuan luar angkasa yang dinamai Ryugu.

Gambar-gambar tersebut mengungkap dengan jelas pemandangan bongkahan batuan yang kasar dari tubuh asteroid yang tidak biasa ini.

Salah satu hal yang menyita perhatian dari gambar tersebut adalah permukaan Ryugu yang jauh lebih kasar dari yang diperkirakan. Selain itu, permukaan asteroid ini berlapis batu dan hanya sedikit debu halus.

Dilansir dari BBC, Kamis (27/09/2018), gambar tersebut diambil dari robot penjelajah berbobot 1kg yang dilengkapi dengan kamera wide-angle dan stereo untuk mengirim gambar.

Robot tersebut juga dilengkapi proyeksi yang mirip tulang belakang di tepinya dengan sensor untuk mengukur suhu permukaan batuan luar angkasa tersebut.

Baca juga: Pertama Kalinya Dua Robot Penjelajah Mendarat di Asteroid, Ini Misinya



Close Ads X