Kompas.com - 27/09/2018, 20:33 WIB

KOMPAS.com - Badan antariksa Jepang (JAXA) kembali merilis gambar baru dari robot penjelajah asteroid, Hayabusa 2. Foto-foto tersebut mengungkap rincian baru permukaan batuan luar angkasa yang dinamai Ryugu.

Gambar-gambar tersebut mengungkap dengan jelas pemandangan bongkahan batuan yang kasar dari tubuh asteroid yang tidak biasa ini.

Salah satu hal yang menyita perhatian dari gambar tersebut adalah permukaan Ryugu yang jauh lebih kasar dari yang diperkirakan. Selain itu, permukaan asteroid ini berlapis batu dan hanya sedikit debu halus.

Dilansir dari BBC, Kamis (27/09/2018), gambar tersebut diambil dari robot penjelajah berbobot 1kg yang dilengkapi dengan kamera wide-angle dan stereo untuk mengirim gambar.

Robot tersebut juga dilengkapi proyeksi yang mirip tulang belakang di tepinya dengan sensor untuk mengukur suhu permukaan batuan luar angkasa tersebut.

Baca juga: Pertama Kalinya Dua Robot Penjelajah Mendarat di Asteroid, Ini Misinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.