Virgin Galactic Sukses Terbangkan Penumpang Pertama ke Luar Angkasa

Kompas.com - 25/02/2019, 17:35 WIB
Penumpang pertama Virgin Galactic ke luar angkasa, Beth Moses Penumpang pertama Virgin Galactic ke luar angkasa, Beth Moses

KOMPAS.com - Perusahaan penerbangan antariksa Virgin Galactic telah berhasil menerbangkan penumpang pertamanya ke ruang angkasa pada Jumat (22/02/2019).

Penerbangan ini merupakan bagian dari upaya perusahaan milik Richard Branson itu dalam mengembangkan pariwisata ruang angkasa sub orbital.

Penumpang pertama Virgin Galactic diantar ke antariksa dengan SpaceShipTwo bernama VSS Unity. Kendaraan tersebut terbang cukup tinggi hingga memasuki ruang angkasa sebentar.

Hal ini membuat para penumpang VSS Unity merasakan sensasi gravitasi nol. Sesaat kemudian, pesawat kembali lagi ke Bumi.

Baca juga: Lagi, Blue Origin Milik Jeff Bezos Uji Coba Roket Wisata Antariksa

Menurut perusahaan itu, akselerasi VSS Unity sekitar tiga kali kecepatan suara. Ini merupakan penerbangan kedua yang menurut pemerintah AS menembus batas ruang angkasa.

Penumpang Pertama

Namun, penumpang pertama VSS Unity bukanlah turis yang membeli tiket seharga 25.000 dollar AS. Penumpang tersebut adalah Beth Moses, kepala instruktur astronot perusahaan tersebut.

Moses menguji kabin awak dan merasakan sensasi tanpa bobot selama beberapa menit.

Virgin Galactic mengklaim, Moses adalah orang pertama yang terbang sebagai penumpang (bukan pilot) di pesawat ruang angkasa komersial.

"Para kru menikmati pemandangan luar biasa Bumi dari langit hitam angkasa, dan selama beberapa menit tanpa bobot... Beth melayang bebas untuk menyelesaikan sejumlah titik uji evaluasi kabin," ungkap pihak Virgin Galactic dalam keterangan persnya dikutip dari Science Alert, Jumat (22/02/2019).

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X