Kompas.com - 23/01/2019, 15:43 WIB
Bos Amazon, Jeff Bezos di depan roket New Shepard buatan Blue Origin Blue OriginBos Amazon, Jeff Bezos di depan roket New Shepard buatan Blue Origin

KOMPAS.com - Perusahaan transportasi luar angkasa Blue Origin milik Jeff Bezos, pendiri perusahaan Amazon akan meluncurkan roket percobaannya untuk ke-10 kali pada Rabu (23/01/2019).

Nantinya, roket ini digadang-gadang akan membawa turis untuk penerbangan singkat ke luar angkasa.

Roket Blue Origin itu akan bersaing dengan roket perusahaan Virgin Galactic, milik miliarder Inggris Richard Branson.

Virgin Galactic menyebut roketnya akan membawa turis ke ruang angkasa dalam penerbangan yang akan berlangsung kira-kira 11 menit, kantor berita AFP melaporkan.

Baca juga: Ini Alasan Elon Musk Pilih Stainless Steel untuk Roket Barunya

Roket Blue Origin itu berhasil mencapai apa yang disebut sebagai perbatasan antariksa, yang disepakati berada pada ketinggian 100 km diatas bumi.

April tahun lalu, roket yang diberi nama New Shephard itu mencapai ketinggian 107 km. Pesawat itu dirancang untuk membawa enam orang penumpang.

Virgin Galactic juga sedang mengadakan eksperimen dengan roket agar tahun ini bisa membawa turis ke antariksa dengan membayar 250.000 dollar Amerika atau setara dengan 3,5 miliar rupiah (dalam kurs saat ini) per penumpang.

Kedua perusahaan itu menarget akan bisa memulai penerbangan komersial mereka tahun ini juga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.