Halo Prof! Apa Benar Kalau Tonsil Diangkat Jadi Tidak Gampang Sakit?

Kompas.com - 08/02/2019, 19:35 WIB
dr. Ashadi Budi, Sp. THT-KL
Dokter Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorok, Bedah Kepala-Leher
RS Pondok Indah ? Bintaro Jaya RS Pondok Indahdr. Ashadi Budi, Sp. THT-KL Dokter Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorok, Bedah Kepala-Leher RS Pondok Indah ? Bintaro Jaya

KOMPAS.com - Seorang pembaca Kompas.com yang bernama Syafrina punya satu pertanyaan yang sudah lama membuatnya penasaran. Dia pun menanyakan hal tersebut kepada para ahli melalui rubrik Halo Prof! Kompas.com. Berikut pertanyaannya:

"Bener enggak sih kalau amandelnya diangkat bikin enggak gampang sakit?"

Pertanyaan tersebut akhirnya dijawab oleh dr. Ashadi Budi, Sp. THT-KL, Dokter Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorok, Bedah Kepala-Leher di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya. Berikut paparannya:

Hai Syafrina! Terima kasih atas pertanyaannya, ya.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya akan menunjukkan sebuah cuplikan hasil penelitian berikut ini:

dr. Ashadi Budi, Sp. THT-KL Penelitian systematic review dan meta-analysis selama 43 tahun dari efek pengangkatan amandel pada sistem imun tubuh

Gambar di atas merupakan penelitian systematic review dan meta-analysis selama 43 tahun dari efek pengangkatan amandel pada sistem imun tubuh. Ini adalah tingkat penelitian yang paling tinggi yang ada di dunia medis. Artinya, penelitian ini amat sangat dapat dipercaya.

Baca juga: Halo Prof! Bagaimana Cara Mengatasi Sakit karena Asam Urat?

Dari penelitian tersebut, disimpulkan bahwa pengangkatan amandel tidak memiliki efek negatif yang signifikan terhadap sistem imunitas tubuh.

Amandel merupakan salah satu sistem pertahanan tubuh kita. Sekali lagi, saya akan tekankan di kata "salah satu". Kali ini saya akan membahas mengenai amandel.

Tidak baik untuk mengangkat amandel tanpa indikasi yang jelas. Akan tetapi, lebih tidak baik lagi jika seseorang mempertahankan amandel yang menjadi sumber masalah. Masalah yang sering saya temukan di masyarakat, adalah terdapatnya dogma bahwa orang yang diangkat amandelnya akan sering sakit.

Contoh kasus yang paling klasik yang sering saya temukan adalah orang dewasa muda yang sakit-sakitan terus, hampir setiap bulan sakit tenggorok, selalu bolak balik ke dokter dan akhirnya mulai membeli antibiotik sendiri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X