Halo Prof! Apa Sebab Ruam Hitam yang Melebar di Tangan?

Kompas.com - 09/01/2019, 18:07 WIB
dr. Susie Rendra, Sp. KK
Dokter Spesialis Kulit & Kelamin
RS Pondok Indah ? Puri IndahRS Pondok Indah dr. Susie Rendra, Sp. KK Dokter Spesialis Kulit & Kelamin RS Pondok Indah ? Puri Indah

KOMPAS.com - Seorang pembaca Kompas.com dari Sumatera Utara, Nur Asiyah Pane, mengeluhkan sebuah kondisi kulit yang sedang dialaminya ke rubrik Halo Prof!

"Apa akibat dan penyebab ruam-ruam hitam yang ada di kulit, terutama pada bagian tangan?," tulisnya.

Dia melanjutkan, sebenarnya saya mengalami hal tersebut. Ruam-ruam itu berada pada sela-sela jari tangan yang semakin lama bertambah lebar.

Keluhan ini kemudian dijawab oleh dr. Susie Rendra, Sp. KK, Dokter Spesialis Kulit & Kelamin dari RS Pondok Indah – Puri Indah. Berikut uraiannya:

Halo Ibu Nur Asiyah, saya jawab ya pertanyaannya.

Baca juga: Halo Prof! Kenapa Saya Nyeri di Tengah Kening dan Belakang Kepala?

Ruam hitam yang terjadi pada tangan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Untuk memastikan penyebabnya, tentu perlu disertai informasi tambahan lainnya, misalnya apakah disertai gatal, apakah pernah terjadi ruam merah sebelumnya di tempat yang sama, bagaimana pola ruam hitam yang terjadi, dan lain-lain.

Ruam gelap di area lengan atas, misalnya, bisa terjadi pada infeksi jamur panu. Berbeda dengan yang diketahui umum, panu tidak hanya muncul dalam bentuk bercak putih/pucat saja.

Panu, juga disebut sebagai Pityriasis versicolor, adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh Malassezia spp yang bermanifestasi sebagai bercak atau ruam datar, disertai sisik halus, dan dapat timbul dengan berbagai warna.

Ada panu yang berwarna pucat atau putih, merah, atau pun kecoklatan. Biasanya, bentuknya bundar-bundar dengan berbagai ukuran.

Panu sebaiknya diobati dengan anti jamur, dan yang lebih efektif biasanya adalah dengan obat anti jamur oral (obat minum).

Baca juga: Halo Prof! Kenapa Makan Petai Bikin Pipis dan Keringat Berbau?

Ruam hitam bisa juga terjadi sebagai akibat penyakit sebelumnya. Bila sebelumnya ada riwayat ruam kemerahan, maka ruam hitam yang terjadi merupakan bekas hitam pasca peradangan, atau hiperpigmentasi pasca inflamasi.

Pada keadaan ini, ruam hitam bisa menghilang dengan sendirinya dalam 2-3 bulan, atau bisa juga digunakan krim pemutih untuk mempercepat hilangnya bekas kehitaman tersebut.

Untuk kasus Ibu, ruam kehitaman di sela jari yang bertambah lebar mungkin saja terjadi akibat infeksi jamur permukaan yang memproduksi pigmen. Untuk memastikan diagnosis ini, biasanya diperlukan pemeriksaan kerokan kulit untuk mencari adanya hifa ataupun spora dari kulit Anda.

Kemungkinan lain adalah adanya proses iritasi berulang yang juga bisa memicu ruam kehitaman yang makin bertambah lebar.

Pengobatan harus diberikan sesuai dengan penyebab penyakit. Bila sudah dicoba pengobatan sendiri namun tidak mendapatkan perbaikan yang berarti, sebaiknya segera temui dokter spesialis kulit terdekat untuk dapat dievaluasi secara komprehensif, agar mendapat terapi yang tepat.

Salam sehat.

dr. Susie Rendra, Sp. KK
Dokter Spesialis Kulit & Kelamin
RS Pondok Indah – Puri Indah

Punya pertanyaan terkait kesehatan dan sains yang membuat Anda penasaran? Kirimkan pertanyaan Anda ke haloprof17@gmail.com untuk dijawab oleh ahlinya.



Close Ads X