Halo Prof! Bagaimana Cara Mengatasi Sakit karena Asam Urat?

Kompas.com - 18/01/2019, 20:08 WIB
dr. Franciscus Ari, Sp. PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
RS Pondok Indah ? Bintaro JayaRS Pondok Indah dr. Franciscus Ari, Sp. PD Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah ? Bintaro Jaya

KOMPAS.com - Seorang pembaca Kompas.com, Ibu Erna, menanyakan kondisi suaminya melalui rubrik Halo Prof!. Berikut pertanyaannya:

"Suami saya sakit asam urat. Setiap bangun tidur, tangan dan kakinya selalu kesakitan. Bagaimana cara mengatasinya?"

Pertanyaan tersebut dijawab oleh dr. Franciscus Ari, Sp. PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari RS Pondok Indah – Bintaro Jaya. Berikut paparannya:

Terima kasih Ibu Erna atas pertanyaannya.

Meningkatnya kadar asam urat dalam darah belum tentu menimbulkan keluhan. Oleh karena itu, bila seseorang memiliki kadar asam urat yang tinggi dan mengalami keluhan nyeri di area tangan dan kaki seperti yang suami Ibu keluhkan, belum tentu nyeri tersebut disebabkan oleh asam urat.

Pada dasarnya, ada dua masalah utama yang sering terjadi akibat tingginya kadar asam urat dalam darah.

Pertama adalah gout. Gout adalah peradangan pada sendi akibat menumpuknya kristal asam urat (monosodium urate monohydrate) dalam celah sendi. Sendi yang paling sering terkena adalah pangkal ibu jari kaki, persendian di area telapak kaki, juga pergelangan kaki.

Walaupun demikian, sendi-sendi lain juga dapat mengalami gout dengan frekuensi yang lebih jarang. Peradangan tersebut ditandai dengan adanya bengkak, nyeri, kemerahan, dan gangguan gerak pada sendi.

Masalah yang kedua adalah gangguan fungsi ginjal, baik secara langsung ataupun melalui pembentukan batu asam urat di ginjal dan/atau saluran kemih.

Umumnya, gangguan fungsi ginjal jarang disadari karena tidak menimbulkan keluhan sampai penurunan fungsi ginjal mencapai tahap yang sangat berat. Keluhan yang seringkali dirasakan bila terbentuk batu akibat asam urat yaitu nyeri pinggang, nyeri saat buang air kecil, dan urin yang berwarna kemerahan.

Apabila suami Ibu Erna sering merasa nyeri pada persendian tangan dan kaki, baiknya diperiksakan ke dokter untuk dievaluasi lebih lanjut. Apakah nyeri tersebut berhubungan dengan tingginya kadar asam urat atau tidak?

Saran saya, bila memang kadar asam urat tinggi, sebaiknya mulailah menghindari konsumsi makanan yang tinggi kadar asam urat, seperti jeroan, seafood, daging merah, dan kacang-kacangan. Lalu, perbanyak minum air putih, kontrol berat badan, dan hindari beban berlebih pada persendian.

dr. Franciscus Ari, Sp. PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

Punya pertanyaan terkait kesehatan dan sains yang membuat Anda penasaran? Kirimkan pertanyaan Anda ke haloprof17@gmail.com untuk dijawab oleh ahlinya.




Close Ads X