Pentingnya Edukasi Dini soal Nyamuk DBD, 4 Hal Ini Perlu Ditanamkan

Kompas.com - 30/01/2019, 19:03 WIB
Anak tidur dengan jaring agar terhindar dari gigitan nyamuk. Anak tidur dengan jaring agar terhindar dari gigitan nyamuk.

KOMPAS.com - Dr Syahribulan, M.Si, ahli nyamuk dari Departemen Biologi Universitas Hasanudding mengatakan, edukasi terkait pencegahan penularan DBD perlu dikenalkan sejak dini, mulai lingkungan keluarga. Khususnya terkait sifat dan perilaku nyamuk Aedes aegypti.

Dengan langkah sederhana ini, secara otomatis kita dapat membantu menghindari keluarga tercinta dari serangan si belang.

"Terutama kepada anak-anak, karena mereka paling cepat paham dengan edukasi, tentunya dengan penyajian materi yang menarik," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (30/1/2019).

"Jadi pencegahan dini yang bisa kita lakukan adalah menjaga kebersihan rumah dan lingkungan,  itu jauh lebih efektif. Karena bila kita menerapkan pola hidup bersih dan mengenali biologi dan perilaku (nyamuk) Aedes,  maka kita dapat turut membantu pemerintah mencegah penularan DBD," sambungnya.

Baca juga: Teknik Serangga Mandul Diklaim Ampuh Usir Nyamuk DBD, Seberapa Manjur?

Adapun ciri dan perilaku nyamuk Aedes aegypti yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

1. Habitat

Syahribulan mengingatkan, nyamuk Aedes aegypti dapat berkembang biak di semua tipe habitat dan air.

Baik itu di kolam, sumur, atau wadah kecil dispenser bisa dijadikan tempat untuk menetaskan telur.

2. Nyamuk Aedes alami perubahan perilaku mengisap

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa sejauh ini nyamuk Aedes telah mengalami perubahan perilaku mengisap.

Kalau dulu kita mengenal nyamuk ini suka berkeliaran di siang hari, kurang lebih dua jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam, di beberapa daerah ditemukan nyamuk Aedes aegypti yang aktif pada malam hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X