Kompas.com - 25/01/2019, 15:04 WIB
Ilustrasi toilet bersih ThinkstockIlustrasi toilet bersih

KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan mendonorkan tinja? Mungkin terdengar aneh dan menjijikan, tapi inilah yang dilakukan oleh Claudia Capenella, seorang pegawai administrasi di salah satu universitas di Inggris.

Tinja yang didonorkan Campenella digunakan untuk keperluan riset medis.

Tinja miliknya, yang penuh dengan bakteri dan virus "baik", akan dimasukkan ke dalam usus pasien yang sakit untuk membantu usus mereka menjadi lebih baik.

Claudia tahu donasinya sangat berguna bagi orang lain. Tetapi apakah kotorannya begitu istimewa?

Para ilmuwan percaya kotoran beberapa orang mungkin mengandung campuran bakteri penyembuh yang ideal untuk memperbaiki penyakit usus. Itu yang membuat mereka berperan sebagai pendonor super.

Baca juga: Jika Caranya Benar, Tinja Kita Juga Bisa Disulap Jadi Arang dan Pupuk

Claudia adalah seorang vegetarian. Berdasarkan apa yang dia baca, tinja seorang vegetarian bisa jadi kandidat yang baik untuk donor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun tidak ada bukti bahwa kotoran seorang vegetarian lebih baik daripada kotoran manusia lainnya, para ahli mengeksplorasi apa yang membuat tinja "super".

Dr Justin O'Sullivan adalah pakar biologi molekuler di Universitas Auckland dan dia telah menyelidiki konsep donor tinja super.

Tinja Sempurna

Perut kita menampung jutaan bakteri dan virus. Mereka hidup di dalam tubuh kita secara komunal yang disebut sebagai mikrobiome dan memiliki keberagaman.

Keadaan itu berbeda di dalam setiap perut masing-masing individu.

Meski masih asing, transplantasi feses dalam bidang kedokteran memebrikan beberapa syarat pada para pendonor tinja super agar metoda itu berhasil.

Dr O'Sullivan mengatakan, "Kami melihat transplantasi dari donor super peluangnya dua kali lebih besar dari rata-rata untuk mencapai tingkat remisi klinis (sembuh bebas gejala)."

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.