Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PR Sekolah Ada sejak 1.800 Tahun Lalu, Lempeng Kayu Ini Buktinya

Kompas.com - 15/01/2019, 18:35 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak kapan PR alias pekerjaan rumah itu ada? Mungkin lebih lama dari yang kita perkirakan sebelumnya.

Ini terbukti dari sebuah lempeng kayu berbentuk tablet yang berasal dari abad ke-2. Lempeng kayu yang terawetkan tersebut ditulis oleh seorang siswa sekolah dasar pada zaman Mesir Kuno atau sekitar 1.800 tahun lalu.

Baca juga: Bukan Barang Baru, Kaus Kaki Bergaris Sudah Ada Sejak Zaman Mesir Kuno

Kurator pameran, Peter Toth, menyebut lempeng tersebut berisi 2 pelajaran dalam bahasa Yunani.

Tugas pertama terdiri dari tugas latihan menulis. Hal ini terlihat pada contoh tulisan guru di baris pertama yang rapi, diikuti oleh dua baris kata-kata yang sama, tetapi terlihat berantakan serta tidak beraturan.

Sementara itu, pekerjaan rumah lainnya adalah perkalian dan latihan membaca.

Menariknya, pelajaran yang diberikan dalam sekolah dasar Mesir tersebut sarat dengan moral. Tulisan yang disalin siswa, misalnya, menyebut untuk menerima saran orang bijak saja dan untuk tidak mempercayai semua teman.

"Tulisan yang disalin oleh siswa tidak hanya untuk berlatih menulis saja, melainkan juga memberikan pelajaran moral. Bukan hanya tangan dan jari, tetapi pikiran juga diperintahkan di sini," kata Toth.

Meskipun nama dan jenis kelamin pemilik tablet tidak diketahui, tetapi kemungkinan besar tablet adalah milik anak laki-laki dari keluarga kaya. Sebab, pendidikan formal di Mesir kuno biasanya disediakan untuk laki-laki yang memiliki keistimewaan.

Lembaran pekerjaan rumah seperti ini dibuat dengan menuangkan lilin yang meleleh hingga memenuhi tablet. Setelah lilin mnedingin, guru dan siswa dapat menggunakan semacam pena logam untuk menggoreskan huruf pada tablet tersebut.

Baca juga: Tak Hanya Manusia, Kucing Pun Dimumikan oleh Orang Mesir Kuno

Lilin biasanya akan rusak pada kondisi yang lembah, tetapi iklim kering di wilayah itu kemungkinan membantu melindungi tablet, dan menjaga tulisan tangan yang berusia hampir dua ribu tahun.

Koleksi yang didapatkan British Library pada tahun 1892 ini belum pernah ditampilkan ke publik sejak tahun 1970-an. Namun, lempeng tersebut akhirnya akan ditampilkan dalam pameran berjudul "Writing : Making Your Mark" pada 26 April hingga 27 Agustus 2019.

Pameran tidak hanya akan memamerkan tablet pekerjaan rumah saja, tetapi juga menampilkan evolusi penulisan lebih dari 5.000 tahun manusia. Ada sekitar 100 artefak koleksi lainnya yang merupakan contoh-contoh tulisan dari peradaban kuno hingga modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com