Bukan Barang Baru, Kaus Kaki Bergaris Sudah Ada Sejak Zaman Mesir Kuno

Kompas.com - 09/10/2018, 18:35 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kaus kaki bergaris yang biasa kita kenakan ternyata sudah ada sejak dahulu kala. Kaus kaki model itu sudah dikenakan oleh orang Mesir kuno dan uniknya, mereka juga telah menggunakan pewarna untuk kaus kaki tersebut.

Temuan ini diperoleh berdasarkan analisis yang dilakukan para ilmuwan dari British Museum dengan menggunakan metode pencitraan pada kaus kaki kuno.

Tim mampu mengetahui kaus kaki dalam rentang panjang gelombang, termasuk cahaya inframerah dan ultraviolet. Selanjutnya, mereka beralih ke mikroskop digital untuk memeriksa serat individu untuk analisis lebih detail.

Metode ini dianggap lebih baik karena peneliti tidak perlu mengambil ataupun memotong sampel kaus kaki yang akan menghancurkan sebagian dari objek kuno itu.

Baca juga: Papirus Mesir Kuno Ungkap Praktik Medis Ribuan Tahun Lalu

Dengan melakukan pendekatan tersebut, tim kemudian menemukan jika orang Mesir Kuno telah menggunakan pewarna. Menariknya lagi, mereka menggunakan pewarna alami untuk menghasilkan warna-warna yang berbeda pada setiap kaus kaki linen yang berasal tahun 300-400 Masehi ini.

Warna-warna alam itu, menurut ilmuwan, berasal dari tanaman penghasil warna seperti tanaman madder yang menghasilkan warna merah atau woad yang menghasilkan warna biru.

Metode pencitraan tidak hanya menemukan itu saja. Analisis lebih lanjut menemukan jika masyarakat Mesir Kuno juga mencampur warna-warna tersebut, termasuk juga memintal benang yang telah dicelupkan dengan berbagai warna tersebut.

"Sangat menarik menemukan garis-garis berwarna berbeda pada kaus kaki yang dibuat menggunakan kombinasi tiga pewarna alami," kata Joanne Dyer, ilmuwan dari British Museum.