Temuan Baru Bakteri di Luar Angkasa Bermutasi, Apakah Berbahaya?

Kompas.com - 09/01/2019, 17:00 WIB
The Internationa Space Station atau Stasiun Luar Angkasa 23 Mei 2010 yang lalu wikipediaThe Internationa Space Station atau Stasiun Luar Angkasa 23 Mei 2010 yang lalu

KOMPAS.com - Sebuah penelitian baru menemukan bahwa bakteri di Stasiun Luar Angkasa Internasional ( ISS) sedang berevolusi dan berubah di lingkungan orbital yang aneh.

Meski begitu, para peneliti menyebut bahwa mikroba tersbeut tampaknya tidak berbahaya bagi manusia.

Ini menjadi sebuah kabar baik bagi para astronot. Pasalnya, beberapa penelitian sebelumnya berkesimpulan bahwa perjalanan ruang angkasa bisa membuat mikroba bermutasi menjadi strain yang berbahaya bagi manusia.

"Ada banyak spekulasi tentang radiasi, minimnya gravitasi, dan kurangnya ventilasi dan hal-hal lain yang bisa mempengaruhi oraganisme hidup, termasuk bakteri," ungkap Erica Hartmann, pemimpin penelitian ini dikutip dari Live Science, Selasa (08/01/2019).