Temuan Awal, Ada Bakteri Hidup di Otak Kita

Kompas.com - 15/11/2018, 17:35 WIB
Bakteri di jaringan otak Bakteri di jaringan otak

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi bahwa dalam usus manusia terdapat mikroba yang hidup. Uniknya, mikroba ini mempengaruhi kesehatan, gen, hingga emosi manusia.

Tapi, pernahkah Anda membayangkan ada mikroba yang hidup di otak kita?

Sebuah temuan baru menunjukkan adanya "mikobiome otak manusia" yang bersarang di kepala kita. Temuan ini masih pada tahap awal.

Meseki begitu, para peneliti dari University of Alabama telah mempresentasikannya dalam pertemuan tahunan Society for Neuroscience 2018 di Birmingham.

Presentasi ini diharapkan bisa memicu penelitian-penelitian lain selanjutnya.

Temuan tersebut didapatkan oleh ahli neuroanatomi Rosalinda Roberts bersama timnya. Roberts menguji 34 sampel otak dari orang yang telah meninggal.

Separuh dari sampel tersebut berasal dari penderita skozofrenia. Dan sebagai kelompok kontrol, separuh lainnya berasal dari orang yang sehat.

"Kami melakukan sejumlah analisis untuk mengidentifikasi dan kuantifikasi," tulis para peneliti dalam abstrak mereka dikutip dari Science Alert, Selasa (13/11/2018).

"Semua sampel mengandung bakteri dalam jumlah beragam. Bakteri-bakteri tersebut berbentuk seperti batang yang mengandung kapsul, nukleoid, ribosom, dan vacuoles," sambung mereka.