Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaleidoskop 2018: 7 Jejak Peradaban Paling Menarik

Kompas.com - 30/12/2018, 19:52 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis


KOMPAS.com - Sepanjang 2018 ada banyak penemuan arkeologis yang menarik tentang perjalanan anak manusia di masa lalu.

Mulai dari keju tertua dan bir tertua, kemudian ada jejak misteri Mesir kuno yang tersimpan dalam sarkofagus besar dari granit hitam, sampai lukisan dinding tertua yang ditemukan di gua Kalimantan.

Berikut beberapa temuan bersejarah yang paling menarik di tahun 2018:

1. Isi sarkofagus yang sempat dikira kutukan

Peti mati kuno atau sarkofagus yang ditemukan di Mesir dibuka, begini isinya. Peti mati kuno atau sarkofagus yang ditemukan di Mesir dibuka, begini isinya.
Pada bulan Juli lalu arkeolog Internasional mengumumkan temuan peti mati kuno (sarkofagus) besar yang terbuat dari batu granit hitam di kota Alexandria, Mesir.

Sarkofagus yang diprediksi berasal dari masa kerajaan Ptolemaik itu sempat bikin heboh karena ukurannya yang tidak umum. Banyak yang mengira sarkofagus itu ditinggali orang terpandang, tapi ada juga yang menyebut isi di dalamnya adalah kutukan.

Setelah berhasil dibuka, sarkofagus yang masih tertutup rapat selama 2.000 tahun itu ternyata berisi campuran kotoran, air berwarna kemerahan, perhiasan emas, dan tiga kerangka manusia - seorang perempuan berusia 20 sampai 25 tahun dan dua laki-laki berusia 30 sampai 40 tahunan.

Pada salah satu tengkorak pria ditemukan lubang kecil yang diduga kuat sebagai praktik bedah. Bagaimana ketiganya ada di dalam sarkofagus itu masih menjadi misteri.

Baca selengkapnya: Foto: Detik-detik Dibukanya Peti Mati Hitam dari Zaman Firaun

2. Komik dari abad kedua Masehi di Yordania

Lukisan gua di Yordania mirip komik Lukisan gua di Yordania mirip komik

Pada September 2018, ahli mengumumkan temuan komik kuno di Yordania yang menceritakan kehidupan kota Caotilias pada abad kedua Masehi.

Ratusan karakter bergambar, termasuk dewa, manusia, dan hewan dilukiskan pada dinding makam dengan balon kata dari bahasa Aram yang menjelaskan karakter itu sedang melakukan apa.

"Gambar itu mirip balon kata yang ada di buku komik. Mereka menggambarkan aktivitas para karakter dan penjelasan apa yang sedang dilakukan," kata Jean-Baptiste Yon, seorang ahli dari HiSoMa di Perancis.

Dalam komik kuno itu, dijelaska para karakter sedang melakukan kegiatan sehari-hari, seperti memanen atau membangun tembok pertahanan.

Ada yang mengatakan "Saya sedang memotong (batu)," dan yang lain berkata, "Ah, masa! Saya sudah mati!"

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com