Mengenal Fenomena "Sinkhole" dalam Amblesnya Jalan Gubeng Surabaya

Kompas.com - 22/12/2018, 17:05 WIB
Jalan Raya Gubeng di Surabaya yang ambles. Kementerian PUPRJalan Raya Gubeng di Surabaya yang ambles.

Oleh Dian Fiantis dan Budiman Minasny

PADA 18 Desember malam permukaan Jalan Raya Gubeng di Surabaya, Jawa Timur ambles. Lubang sebesar ukuran kolam renang olimpiade terbentuk setelah alat berat (crane) yang digunakan untuk membuat areal parkir bawah tanah sebuah rumah sakit swasta jatuh.

Foto-foto lubang di tengah jalan di Surabaya itu dengan cepat tersebar di media sosial dan menjadi pembicaraan masyarakat.

Fenomena tanah ambles yang terjadi di Surabaya tersebut dikenal juga sebagai sinkholes, swallet, swallow hole atau doline. Terminologi ini pertama kali diperkenalkan oleh R. W. Fairbridge pada 1968 di buku The Encyclopedia of Geomorphology.

Perbandingan kondisi Jalan Raya Gubeng Surabaya antara sebelum (kiri) dan setelah (kanan) ambles. Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan tanah ambles karena dinding galian tidak kuat menahan beban di bagian dekat jalan. Konstruksi dinding tidak kuat. Sutopo Purwo Nugroho/BNPB, CC BY-SA

Apa itu sinkhole?

Sinkhole awalnya didefinisikan sebagai kejadian depresi atau turunnya permukaan tanah secara alami dan berbentuk bulatan pada daerah karst atau berkapur.

Kini, definisi sinkhole diperluas. Setiap kejadian runtuhnya permukaan tanah bukan hanya di daerah karst dan kejadian alami, tapi juga akibat ulah manusia dengan beragam bentuk dipahami sebagai sinkhole.

Fenomena tanah ambles ini kerap terjadi di daerah karst atau bukit berkapur akibat adanya pelarutan dari kapur secara alami atau akibat hujan asam. Laju pelarutan ini sangat lambat (beberapa milimeter selama ribuan tahun).

Selain kerap terjadi di daerah karst, sinkhole juga bisa terjadi karena turunnya tanah secara perlahan akibat kehilangan lapisan bawah-permukaan oleh gravitasi. Erosi lapisan sedimen atau perubahan struktur tanah juga bisa menyebabkan tanah ambles.

Tipe sinkhole yang terakhir sangat berbahaya sebab kejadiannya bisa cepat dan tak terduga.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X