Nyaris Dicerna, Ular Jenis Baru Ditemukan di Perut Ular Lain

Kompas.com - 21/12/2018, 18:05 WIB
Rekonstruksi ular Cenaspis AenigmaCampbell et al./Journal of Herpetology Rekonstruksi ular Cenaspis Aenigma

KOMPAS.com – Para ilmuwan telah menemukan jenis ular baru dari tempat yang tidak terduga. Pasalnya, reptil melata yang baru ditemukan ini melakukan debut ilmiahnya di dalam perut ular lain.

Dalam studi yang diterbitkan pada Journal of Herpetology dijelaskan bahwa ular ini ditemukan pada perut ular koral Amerika, Micrurus nigrocinctus, yang memang dikenal sebagai predator bagi ular lain.

Pada tahun 1976, petani lokal di Meksiko, bernama Julio Ornelas-Martinez, menemukan ular koral Amerika Tengah dan memberikannya kepada para peneliti.

Ketika para peneliti mengidentifikasi ular tersebut, mereka menemukan ular lain di dalamnya, Namun bukannya diteliti lebih lanjut, ular tersebut malah ditempatkan di museum.

Identitas ular malang tersebut akhirnya diungkap oleh para herpetologis dari University of Texas, Jonathan Campbell dan rekan-rekannya. Mereka menamakannya Cenaspis aenigma yang berarti ular makan malam misterius.