Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makhluk Aneh Mirip Ular 8 Meter Kagetkan Penyelam di Selandia Baru

Kompas.com - 19/11/2018, 17:00 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Seorang videografer yang bulan Oktober lalu menyelam di perairan Selandia Baru dikejutkan dengan penampakan makhluk aneh. Steve Hathaway, penyelam tersebut mengabadikan makhluk yang menyerupai pita bergelombang perak.

Makhluk tersebut adalah pyrosome atau dikenal sebagai "bulu sanca". Ia terlihat seperti kulupasan kulit ular sanca sepanjang 8 meter.

Melansir Washington Post, Rabu (14/11/2018), "benda aneh" itu bukanlah makhluk tunggal melainkan koloni dari makhluk kecil yang disebut tunicate.

Tunicate umumnya mengambang bebas atau hidup di dasar laut. Tapi yang biasanya membentuk benda aneh itu adalah pyrosoma spinosum yang sering memancarkan cahaya bioluminescent lembut.

Kepada Washington Post, Hathway mengaku pada 25 Oktober lalu dia dan temannya Andrew Buttle sedang mengambil gambar di bawah air ketika koloni itu mendekat.

Sadar bahwa itu adalah makhluk tak biasa, Hathway segera mengarahkan kameranya pada koloni itu.

"Saya tahu alam tidak menunggu siapa pun, dan saya tidak bisa membiarkan kesempatan ini berlalu begitu saja," ujarnya.

Baca juga: Makhluk Misterius Ini Dikonfirmasi Sebagai Hewan Tertua di Dunia

Makhluk unik

Dikutip dari Live Science, Minggu (18/11/2018), setiap tuncate kecil yang membentuk tabung raksasa itu mugkin terlihat seperti batang puting sederhana. Tapi, pada kenyataanya, mereka sangat kompleks karena masing-masing mereka memiliki sumsum tulang belakang.

Keunikan lainnya dari makhluk ini adalah cara mereka bereproduksi secara kloning. Artinya, masing-masing koloni secara genetik identik dengan yang lain.

Meski begitu, mereka juga bisa bereproduksi secara seksual. Hal ini terjadi ketika dua koloni bertemu.

Koloni ini secara teoretis bisa hidup selamanya, membuat klin baru persis seperti yang lama, dan tumbuh atau menyusut tergantung pada kondisinya.

Tunicate yang membentuk koloni membentuk tabung kosong yang bisa tumbuh hingga panjang 18 meter dengan diameter yang cukup untuk dimasuki manusia.

Namun, menurut artikel di Deep Sea News pada 2013, jangan coba-coba melakukannya. Ada sebuah laporan bahwa seekor penguin mati di dalam makhluk aneh itu.

Burung malang itu rupanya terjebak dan tidak bisa berbalik keluar. Itu karena, meskipun namanya bulu sanca, tapi mereka cukup kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com