Kompas.com - 17/12/2018, 17:00 WIB


KOMPAS.com - Gajah menggunakan belalainya untuk mencium, menyentuh, dan terkadang melukis sesuatu yang indah. Namun, bisakah belalai gajah digunakan untuk mengambil sereal dan memakannya?

Para ahli dari Institut Teknologi Georgia mencari tahu hal itu karena mereka ingin mengetahui bagaimana belalai gajah menangani benda yang sangat kecil.

Dengan memahami mekanisme belalai yang canggih, para ahli berpikir hal itu bisa menginspirasi perkembangan robot di masa depan, terutama dalam hal menggenggam dan memindahkan benda seperti pasir dan kerikil.

Semua itu akhirnya dijawab ahli dalam makalah yang terbit di jurnal The Royal Society Interface, setelah mereka meneliti gajah Afrika bernama Kelly selama beberapa minggu.

Baca juga: Setelah Diobati, Induk Gajah Ini Dipasangi GPS Collar

Kelly yang hidup di Kebun Binatang Atlanta diberi sekantung sereal gandung. Tim juga memberi wortel dan umbi-umbian bernama rutabaga yang terlah dipotong dengan berbagai ukuran.

Selama lebih dari 24 kali percobaan, tim memberikan makanan yang berbeda untuk kali.

Hingga akhirnya, mereka memberi makan Kelly setumpuk sereal dan sayuran yang disajikan dalam piring berbeda. Hal ini bertujuan untuk mengukur kekuatan belalai Kelly saat mengambil kudapannya.


Seperti dilansir Live Science, Kamis (13/12/2018), saat mengambil sayuran yang berukuran agak besar, Kelly akan membungkus makanan tersebut dengan ujung belalai, mengambil makanan itu, lalu memasukkannya ke mulut.

Namun, Kelly tidak menggunakan cara itu saat mengambil kudapan yang ukurannya lebih kecil seperti sereal.

Saat makan sereal, Kelly terlebih dahulu menghancurkannya hinga benar-benar remuk. Kemudian ia menekuk ujung belalai seperti cubitan yang kemudian digunakan untuk mengambil serial yang sudah dihancurkan tadi.

Begini cara gajah mengambil makanan dengan berbagai ukuran. Begini cara gajah mengambil makanan dengan berbagai ukuran.

Baca juga: Hewan Juga Berhitung, Gajah Asia Salah Satu Juaranya

Menurut ahli, proses penjepitan yang dilakukan Kelly saat makan serial butuh lebih banyak energi, yakni sekitar 40 newton. Sementara untuk makan sayuran yang ukurannya lebih besar, tenaga yang dikeluarkan hanya 10 newton.

Ini artinya, belalai gajah ternyata lebih multifungsi dibanding yang diketahui ilmuwan sebelumnya.

Menurut peneliti Georgia Tech, temuan ini sangat penting karena gajah dikenal sebagai pemakan besar yang sanggup mengonsumsi sekitar 200 kilogram tanaman setiap hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.