Kompas.com - 30/11/2018, 12:20 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh baru saja mengobati seekor induk gajah yang menghuni hutan Gunung Biram, Aceh Besar.

Sebelumnya, induk gajah ini dilaporkan oleh masyarakat sekitar hutan telah menampakkan diri selama beberapa minggu. Masyarakat juga melaporkan adanya luka di bagian pangkal ekor dan dada sebelah kiri yang memburuk pada induk gajah tersebut.

Setelah mendapat kabar tersebut, Kepala BKSDA Aceh Sapto Adji Prabowo menginstruksikan penanganan.

Pada Rabu (28/11/2018), tim BKSDA beserta Wildlife Ambulance dari PKSL (Pusat Kajian Satwa Liar) FKH Unsyiah segera melakukan observasi.

Sayangnya, meski sudah menemukan keberadaan induk gajah, hari yang sudah gelap membuat tim menunda operasi yang akan dilakukan.

Kamis (29/11/2018), tim berhasil menelusuri jejak gajah dan melakukan pembiusan sempurna. Selanjutnya, tim melakukan penanganan luka serta memasang GPS collar.

Baca juga: Kisah Perjuangan Amirah, Bayi Gajah yang Terjerat hingga Mati

"Melihat kondisi perlukaan dan infeksi yang telah terjadi, tim memutuskan untuk melakukan amputasi di atas sendi terakhir perlukaan yang telah rusak dan membusuk," tulis siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (30/11/2018).

"Operasi amputasi berjalan lancar dan obat-obatan antibiotik maupun vitamin telah diberikan baik secara parenteral (injeksi) maupaun topical (langsung pada luka)," imbuhnya.

Pemasangan GPS Collar

Seperti yang telah disebutkan, selain mendapatkan penanganan luka, induk gajah tersebut juga dipasangi GPS collar. Benda ini berfungsi untuk melacak keberadaan induk gajah tersebut.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.