Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal “Medical Oxygen Regulator” yang Ditonton Eril Dardak

Kompas.com - 14/12/2018, 17:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -  Adik dari Bupati Trenggalek Emil Listyanto, Eril Ario Listanto Dardak, ditemukan meninggal di kamar kosnya pada hari Rabu (12/12/2018) siang.

Hasil olah kejadian perkara menemukan banyak hal tidak biasa saat Eril meninggal. Salah satunya adalah tayangan Youtube berjudul “Oxygen Regulator Medical” yang ditontonnya sebelum meninggal.

Dari judulnya, video tersebut kemungkinan besar membahas alat medis yang disebut medical oxygen regulator (pengatur oksigen medis).

Dijelaskan oleh dr RR Diah Handayani, SpP (K), seorang dokter spesialis paru dari RSUP Persahabatan, medical oxygen regulator merupakan alat yang berfungsi untuk mengatur volume, tekanan, dan kelembapan oksigen yang diberikan ke pasien, serta memantau isi tabung.

Baca juga: Mengenal Kelainan Tanpa Kelopak Mata yang Dimiliki Azzam Nur Mujizat

Bila Anda pernah melihat seseorang memakai tabung oksigen, yang disebut regulator adalah alat dengan ukuran yang disambungkan ke tabung oksigen tersebut, tidak termasuk selangnya.

Blickpixel/Pixabay/Creative Commons Ilustrasi medical oxygen regulator

Alat ini biasanya juga dihubungkan dengan tabung air untuk menambahkan kelembapan pada oksigen yang dihirup pasien.

“Sebab, ketika kita menghirup oksigen dari udara bebas kan ada hidung yang mengatur kelembapan. Tapi kalau oksigen yang kita hirup dari tabung itu agak sedikit berbeda, agak kering,” ujarnya.

Oleh karena itu, dr Diah berkata bahwa regulator ini harus digunakan ketika pasien menghirup dari tabung oksigen. Pasalnya, tanpa regulator kita tidak bisa mengukur berapa banyak yang dikeluarkan oleh tabung dan udaranya kering.

“Bisa saja itu (oksigen) keluarnya langsung banyak, dan itulah yang berbahaya kalau ada percikan api di sekitar. Kan namanya api itu dibakar menggunakan oksigen. Di situlah berbahayanya,” katanya.

Baca juga: Mengenal Decompression Sickness, Risiko yang Dialami Para Penyelam

Berbagai kondisi yang membutuhkan oksigen

Ada banyak kondisi yang membutuhkan tabung oksigen dan regulatornya. Namun, pada dasarnya adalah gangguan pernapasan.

Salah satu penyakit yang paling sering menggunakan tabung oksigen adalah asma. Ketika asma kambuh, pasien mengalami sesak napas dan kebutuhan oksigennya meningkat untuk sementara waktu (akut).

Penyakit lain yang juga membutuhkan bantuan tabung oksigen adalah penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Penyakit yang penyebab utamanya adalah rokok ini merupakan kondisi di mana saluran pernapasan pasien mengalami penyempitan sehingga kekurangan oksigen.

Pasien PPOK memang bisa mengalami sejenis kekambuhan yang disebut eksaserbasi di mana kebutuhan oksigennya menjadi lebih besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com