Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/12/2018, 17:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Azzam Nur Mujizat belakangan ramai diperbincangkan karena keistimewaan dalam dirinya. Lahir tanpa kelopak mata, bocah asal Mojokerto, Jawa Timur, itu justru memiliki bakat lain di bidang tarik suara.

Diwawancarai dalam acara Hitam Putih, ibu Azzam yang bernama Solikatin mengaku tidak bisa langsung bertemu putranya setelah melahirkan.

"Pertama kali lihat Azzam, saya tidak pernah dipertemukan dengan Azzam oleh keluarga saya. Ingginya kedua orangtua itu, Azzam bisa dioperasi," kenang Solikatin.

"Tapi kata dokter Amerika lebih baik seperti ini. Karena kalau dia dibuka (dioperasi) efeknya malah buruk," sambung Solikatin.

Lantas, apa sebenarnya kelainan yang dialami Azzam?

Baca juga: Penyuntingan Gen, Harapan Baru dalam Menghindari Kelainan Genetika

Menurut dr Florence M. Manurung, SpM dari Jakarta Eye Center, kelainan yang dialami Azzam adalah kasus sangat jarang dan langka.

"Kasus ini adalah jenis complete cryphtohthalmos karena kelopak mata atas dan bawah tidak terbentuk sempurna, sehingga kulit tersambung dari jidat sampai pipi. Hal ini membuat tidak terbentuknya kelopak mata dan kelenjar air mata," jelas Florence kepada Kompas.com, Rabu (13/12/2018).

Florence mengatakan, kelainan ini muncul sejak janin masih di dalam kandungan.

"Kondisi ini terjadi karena adanya kelainan genetik sehingga pada saat (janin) di dalam kandungan, pembentukan kelopak mata gagal terjadi. Tidak diketahui kenapa gagal terbentuknya," sambung Florence.

Kondisi cryphtohthalmos biasanya diikuti oleh kelainan pada bagian tubuh yang lain, seperti sumbing, kelainan bentuk pada wajah, telinga, hidung, kelainan genital, dan lain sebagainya.

Saat Florence melihat aksi Azzam di tayangan Youtube Hitam Putih, ia menduga Azaam memiliki penglihatan yang buruk.

"Kemungkinan bola matanya tidak terbentuk sempurna atau terbentuk namun kecil (mikroftalmia)," ujarnya.

Baca juga: Kelainan Tongue Tie Bisa Bikin Anak Terlambat Bicara

Sependapat dengan dokter yang pernah dikunjungi orangtua Azzam, pengobatan seperti operasi tidak akan membantu.

"Kalaupun dilakukan operasi, tujunannya untuk kosmetik. Karena bola mata belum diketahui apakah terbentuk atau tidak," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com