Kompas.com - 30/11/2018, 19:05 WIB
Sarang lebah. ShutterstockSarang lebah.

KOMPAS.com – Lebah madu dikenal sebagai serangga haplodiploid. Artinya, lebah madu menentukan jenis kelamin berdasarkan dari dibuahi atau tidak. Lebah betina berasal dari telur yang dibuahi, sedangkan jantan adalah hasil dari telur yang tidak dibuahi.

Namun dalam kasus yang sangat langka, muncul sistem lain yang dikenal sebagai gynandromorph atau lebah yang berkembang dari beberapa garis sel yang berbeda dan jenis kelamin yang berbeda.

Seorang peneliti dari University of Sydney Australia, Sarah Aamidor dan timnya, sedang menyelidiki lebah gynandromorph untuk lebih memahami fleksibilitas reproduksi lebah madu.

Dalam penelitian mereka yang terbit di Royal Society Biology Letters, Aamidor dan tim melakukan penyelidikan genetik pada 11 lebah madu gynandromorph dari satu koloni. Sebagian besar hasil penelitian mereka menemukan lebah yang memiliki tiga atau empat induk orang tua dengan rincian dua atau tiga ayah pada satu ibu.

Baca juga: Layaknya Manusia, Lebah juga Bisa Kecanduan Zat Adiktif

Nemun, mereka juga menemukan hal yang tak terduga. Seekor lebah betina memiliki materi genetik dari dua ayah, dan tidak memiliki materi genetik sama sekali dari ibu. Para ilmuwan pun berasumsi bahwa ini adalah hasil perpaduan dua sperma.

"Ini adalah laporan pertama dari fenomena lebah dengan dua ayah dan tidak ada. Pada mamalia, embrio tidak dapat berkembang dari dua ayah (atau ibu) jadi itu benar-benar mengejutkan," jelas Aamidor kepada Newsweek pada Selasa (27/11/2018).

Dia melanjutkan, fenomena ini dimungkinkan karena lebah madu menjadi polisperi dan sangat fleksibel dalam cara mereka menyatukan genom. Mungkin ini juga yang menyebabkan mereka menjadi haplodiploid.

Selain pada lebah, tim peneliti memprediksi fleksibilitas ini mungkin juga ditemukan pada serangga haplodiploid lainnya, seperti semut dan tawon.