Penjelasan Ilmiah dari Video Semut Memakamkan Lebah

Kompas.com - 23/08/2018, 20:34 WIB
Benarkah semut-semut ini sedang memakamkan lebah? Nicole WebingerBenarkah semut-semut ini sedang memakamkan lebah?

KOMPAS.com – Warga Minnesota, Amerika Serikat, Nicole Webinger, menemukan sebuah pemandangan menarik di luar tempat kerjanya.

Bak dongeng, sekelompok semut terlihat membawa kelopak bunga dan meninggalkannya di sekitar lebah Bombus yang sudah mati.

Dengan segera, dia merekam momen tersebut dan mengunggahnya; walaupun tidak lama kemudian memutuskan untuk menurunkannya dari internet.

“Kelihatannya mereka (semut-semut) sedang memakamkannya (lebah),” tulis Webinger di deskripsi video aslinya, seperti dilansir dari Science Alert, Rabu (22/8/2018).

Baca juga: Viral Video Semut Bikin Jembatan Tali untuk Serang Sarang Tawon

Namun, benarkah demikian? Akankah sekelompok semut melakukan upacara pemakaman bagi lebah?

Banyak orang berusaha menjelaskan perilaku ini menggunakan senyawa asam oleat yang sama-sama dikeluarkan oleh lebah dan semut ketika mati.

Namun, kedua spesies ini memiliki perilaku yang berbeda terhadap anggota kelompoknya yang mati. Lebah biasanya akan membuang anggotanya yang mati keluar dari sarang, sedangkan semut malah membawa anggota mereka yang mati ke timbunan.

Pakar ekologi perilaku Mark Elgar dari University of Melbourne juga berkata bahwa walaupun video tersebut sangat luar biasa, kemungkinan besar semut-semut tidak sedang berusaha membawa lebah itu ke timbunan mereka, apalagi sampai menyediakan bunga sebagai bagian dari ritual.

“Sinyal kimia yang direspons oleh semut bisa jadi tergantung konteksnya, kalau tidak mereka akan terus-terusan memindahkan semut mati,” jelas Elgar.

Baca juga: Kawin Bikin Sistem Imun Ratu Semut Meningkat, Kok Bisa?

Dia melanjutkan, jadi kalaupun mereka merespons asam oleat (yang dikeluarkan lebah) dan beberapa lebah pekerja bodoh berusaha memindahkan lebah ke sarangnya, aku rasa itu skenario yang tidak memungkinkan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X