Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Ilmiah dari Video Semut Memakamkan Lebah

Kompas.com - 23/08/2018, 20:34 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Warga Minnesota, Amerika Serikat, Nicole Webinger, menemukan sebuah pemandangan menarik di luar tempat kerjanya.

Bak dongeng, sekelompok semut terlihat membawa kelopak bunga dan meninggalkannya di sekitar lebah Bombus yang sudah mati.

Dengan segera, dia merekam momen tersebut dan mengunggahnya; walaupun tidak lama kemudian memutuskan untuk menurunkannya dari internet.

“Kelihatannya mereka (semut-semut) sedang memakamkannya (lebah),” tulis Webinger di deskripsi video aslinya, seperti dilansir dari Science Alert, Rabu (22/8/2018).

Baca juga: Viral Video Semut Bikin Jembatan Tali untuk Serang Sarang Tawon

Namun, benarkah demikian? Akankah sekelompok semut melakukan upacara pemakaman bagi lebah?

Banyak orang berusaha menjelaskan perilaku ini menggunakan senyawa asam oleat yang sama-sama dikeluarkan oleh lebah dan semut ketika mati.

Namun, kedua spesies ini memiliki perilaku yang berbeda terhadap anggota kelompoknya yang mati. Lebah biasanya akan membuang anggotanya yang mati keluar dari sarang, sedangkan semut malah membawa anggota mereka yang mati ke timbunan.

Pakar ekologi perilaku Mark Elgar dari University of Melbourne juga berkata bahwa walaupun video tersebut sangat luar biasa, kemungkinan besar semut-semut tidak sedang berusaha membawa lebah itu ke timbunan mereka, apalagi sampai menyediakan bunga sebagai bagian dari ritual.

“Sinyal kimia yang direspons oleh semut bisa jadi tergantung konteksnya, kalau tidak mereka akan terus-terusan memindahkan semut mati,” jelas Elgar.

Baca juga: Kawin Bikin Sistem Imun Ratu Semut Meningkat, Kok Bisa?

Dia melanjutkan, jadi kalaupun mereka merespons asam oleat (yang dikeluarkan lebah) dan beberapa lebah pekerja bodoh berusaha memindahkan lebah ke sarangnya, aku rasa itu skenario yang tidak memungkinkan.

Elgar juga berkata bahwa semut kemungkinan tidak sedang berusaha menutupi bau lebah dengan bunga.

Sebaliknya, penjelasan yang menurut Elgar paling masuk akal adalah lebah berada di pintu masuk sarang semut sehingga ada banyak kelopak di sekitarnya, dan lebih banyak lagi semut yang membawa kelopak ke dekatnya.

Perlu Anda ketahui, banyak jenis semut yang menggunakan atau memakan tanaman. Jika ada lebah yang duduk di pintu masuk sarangnya, semut akan kesulitan melakukan tugasnya membawa bahan makanan ke dalam sarang.

Berikut adalah video semut "memakamkan" lebah:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com