Kompas.com - 29/11/2018, 16:14 WIB
Pemanasan global menyebabkan berbagai kerusakan lingkungan, mulai dari mencairnya lapisan es kutub Bumi, kenaikan permukaan laut, perubahan pola presipitasi?siklus air?, hingga perubahan cuaca ekstrem. ThinkstockPemanasan global menyebabkan berbagai kerusakan lingkungan, mulai dari mencairnya lapisan es kutub Bumi, kenaikan permukaan laut, perubahan pola presipitasi?siklus air?, hingga perubahan cuaca ekstrem.

KOMPAS.com - Foto sering digunakan untuk menyerukan suatu permasalahan karena cukup efektif untuk menghasilkan sebuah aksi. Sayangnya, hal ini tidak berlaku dalam permasalahan perubahan iklim.

Beberapa gambar yang kerap digunakan untuk menggambarkan perubahan iklim - misalnya, beruang kutub di atas padang es yang meleleh - memang ikonik. Tapi mungkin kurang efektif dalam mengajak orang-orang untuk bertindak.

Padahal, kita semua telah menyaksikan betapa ampuhnya sebuah gambar membuat krisis yang abstrak terasa nyata.

Misalnya foto seorang pria di China yang menghalangi barisan tank sehari setelah pembantaian di Lapangan Tiananmen, seorang gadis Vietnam yang melarikan diri dari napalm pada tahun 1972, atau Amal Hussain yang berusia 7 tahun menderita kelaparan di Yaman.

Jika dilakukan dengan baik, fotografi dapat membantu orang-orang di seluruh dunia memahami bencana yang tak terlihat.

Baca juga: Ilmuwan Waspadai Ledakan Populasi Tikus akibat Perubahan Iklim

Sekarang tutup mata Anda dan cobalah membayangkan perubahan iklim - salah satu krisis paling mendesak bagi generasi kita. Apa yang muncul di benak Anda? Apakah asap yang membubung dari pembangkit listrik? Panel surya? Beruang kutub yang kurus?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ganti Ikon

Bayangan tersebut problematik, kata psikolog Adam Corner, direktur Climate Visuals, proyek yang bertujuan untuk "menyegarkan" foto-foto tentang perubahan iklim.

"Foto tanpa manusia di dalamnya tidak mampu menceritakan cerita yang manusiawi," kata Corner.

Penggambaran seperti itu mungkin turut memengaruhi keengganan beberapa dari kita untuk bertindak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.