Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen PBB Serukan Upaya Penanganan Perubahan Iklim

Kompas.com - 11/09/2018, 20:23 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Editor

KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PBB António Guterres, Senin (10/9), memperingatkan bahwa perubahan iklim bergerak lebih cepat daripada upaya untuk mengatasinya.

Untuk itu Guterres mengingatkan masyarakat internasional perlu "menghentikan" emisi gas rumah kaca, yang memicu pemanasan global.

"Jika kita tidak mengubah upaya 2020, kita berisiko kehilangan titik di mana kita bisa menghindari perubahan iklim yang tak terkendali dengan konsekuensi bencana bagi rakyat dan semua sistem alam yang menopang kita," kata Guterres pada pertemuan pemuda, pemimpin bisnis, dan diplomat di markas besar PBB.

"Kita sedang mengarah ke tepi jurang," katanya, berdiri di podium di depan jendela yang diguyur hujan.

"Belum terlambat untuk mengubah arah. Tapi setiap hari berlalu artinya dunia semakin memanas, dan kerugian akibat kita tidak bertindak akan meningkat," tegasnya.

Sekjen PBB memperbarui seruannya untuk tindakan pada malam menjelang KTT Tindakan Iklim Global di San Francisco. California, Senin, mengumumkan berkomitmen pada 100 persen listrik bersih pada 2045.

KTT ini bertujuan untuk menggerakkan para pemimpin internasional dan lokal dari negara-negara, kota, bisnis, dan masyarakat madani dengan para pemimpin pemerintah, ilmuwan, mahasiswa dan organisasi nirlaba.

Baca juga: Studi: DPRD Perlu Tingkatkan Peran dalam Atasi Perubahan Iklim

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com